Review Motor Scoopy 2021

Trend motor dengan gaya klasik memang Honda juaranya. Salah satu tipenya adalah motor Scoopy 2021. Motor ini dibuat dengan menggunakan desain yang trendy, sehingga cocok digunakan untuk semua kalangan.

Jenis motor Honda yang satu ini banyak disukai oleh masyarakat Indonesia, karena mempunyai desain stylish namun terlihat classic dan modern. Tidak heran, terutama wanita menyukai motor ini. Ukurannya juga tidak kebesaran dan tidak kekecilan juga. Sangat cocok digunakan terutama pada orang yang tinggal di kota besar.

Review Motor Scoopy 2021

Review-Motor-Scoopy-2021

Bisa dibilang kalau Honda selalu sukses dalam meluncurkan berbagai jenis motor, salah satunya generasi baru Scoopy. Nah untuk lebih jelasnya soal motor ini silahkan simak pembahasannya berikut ini.

1. Desain Makin Ganteng

Desain-Makin-Ganteng

Apabila dilihat dari samping, maka motor ini sebenarnya masih terlihat sama dengan generasi sebelumnya. Namun pandangan tersebut langsung berubah ketika melihat tampilan depan dan belakang dari motor ini. Pihak Honda sendiri langsung melakukan perubahan pada lampu sein yang sekarang ditempatkan secara terpisah di samping lampu utama.

Kemudian dari bentuk lampu, juga dibuat semenarik mungkin dengan lekukan yang mengikuti lingkar lampu utama di bagian dalamnya. Sedangkan untuk lampu utamanya semakin modern dengan disematkan DRL atau Daylight Running Lamp yang bentuknya melingkar.

Lanjut ke buritan, secara tampilan juga tidak kalah menarik. Lampu belakang motor Honda Scoopy ini sekarang bentuknya berubah menjadi lingkaran sempurna atau bulat seperti cincin. Sehingga kalau terkena pantulan akan membuat memikat seseorang yang melihatnya. Tidak heran kalau dilihat secara sekilas memberikan kesan Eropa di bagian belakang. Sementara untuk bagian lampu sein belakang, sekarang bentuknya dibuat sama dengan yang depan. Perubahan ini juga terletak di desain velg yang mana lebih tampak padat dengan pemakaian lima palang dengan di kombinasi pilar ganda.

2. Mesin eSP Terbaru

Mesin-eSP-Terbaru

Bisa ditebak kalau Scoopy terbaru 2021 akan memakai mesin eSp terbaru yang berkubisasi 110 cc. Sebenarnya mesin  seperti ini sudah ada di Honda Beat terbaru. Memang mesin terbaru ini memberikan torsi yang jauh lebih baik sehingga sangat tepat untuk jalur perkotaan yang membutuhkan stop and go setiap saatnya.

Untuk tenaganya sendiri berada di 6,6 kw dengan 7.500 rpm. Sementara torsi maksimalnya sebesar 9,3 Nm dengan 5.500 rpm. Mesin terbaru ini telah dilakukan pengujian dengan menggunakan metode ECR40. Nah untuk konsumsi bahan bakarnya sendiri dikatakan mampu mencapai 60,6 km per liter, dengan diaktifkannya fitur ISS.

Untuk space tangki bahan bakarnya sendiri meningkat menjadi 4,2 liter. Tidak heran kalau motor Scoppy ini mampu berkendara hingga sejauh 254,5 km hanya dengan sekali mengisi bahan bakar full.

3. Rangka Ringan Tapi Kuat

Rangka-Ringan-Tapi-Kuat

Selain dibekali dengan mesin yang baru, Honda Scoopy 2021 ini juga sudah memakai rangka baru eSAF atau enhanced Smart Architecture Frame. Pemakaian rangka eSAF sebenarnya sudah digunakan pada jenis Honda yang lain yakni Beat baru dan Honda Genio.

Keunggulan rangka pada motor Scoopy ini mampu memberikan manuver yang jauh lebih maksimal dan optimal, pasalnya ringan namun tetap kuat sehingga tidak membahayakan penggunanya. Bisa diartikan kalau motor ini terasa lebih gesit dan lincah di jalanan.

4. Fitur-Fitur

Fitur-Fitur

Dari beberapa generasi sebelumnya motor Scoopy tidak pernah absen dari fitur modern yang disematkannya. Termasuk pada generasi terbaru 2021 yang keseluruhannya sudah memakai teknologi LED pada lampu utama dan belakang terkecuali lampu sein. Tidak hanya itu, dengan mengkombinasikan tampilan digital dan analog membuat speedometer pada motor ini bisa menyajikan informasi lebih lengkap. 

Mulai dari pemakaian rata-rata bahan bakar, kecepatan dan lain sebagainya. Sementara untuk keamanannya sendiri telah di bekali dengan kontak tanpa anak kunci atau sistem keyless. Sedangkan bagian soket daya sekarang posisinya di pindahkan ke bagian kompartemen depan, sehingga lebih gampang diakses oleh penggunanya. Nah untuk lebih jelasnya soal fitur bisa simak dibawah ini.

  • Anti Theft Alarm sebagai sistem keamanan untuk menjaga kendaraan ini dari pencurian.
  • Lebih memudahkan penggunaannya pada saat pencarian di tempat parkir karena sudah di bekali dengan fitur Answer Back System. Jika penggunanya menekannya pada remote kunci maka akan meresponnya dengan suara dan lampu sein yang menyala.
  • Adanya teknologi eSP yang menjadikan motor ini semakin canggih, irit bahan bakar dan pastinya menjadi lebih ramah lingkungan.
  • Terdapat teknologi Idling Stop System yang berguna untuk mematikan mesin motor secara otomatis pada saat motor sedang berhenti di lampu merah, rel kereta api dan lain sebagainya.
  • Di bekali dengan starter yang jauh lebih halus pada saat menghidupkan mesin, berkat adanya fitur ACG Starter.
  • Dilengkapi dengan Side Stand Switch yang berguna ketika standar samping dalam posisi turun maka mesin tidak bisa dihidupkan.
  • Dibekali dengan fitur Parking Brake Lock yang mana berguna untuk pengereman tangan pada saat berhenti di jalan tanjakan.

5. Harga dan Varian

Harga-dan-Varian

Motor Scoopy 2021 sendiri menawarkan ada beberapa pilihan yakni sekitar opsi. Opsi warnanya juga melimpah dengan 8 kombinasi grafis yang menjadikan daya tarik sendiri untuk para calon konsumennya. 

Nah untuk kisaran harganya, varian termurah yang diberikan Honda pada motor Scoopy ini adalah Rp19,95 juta.

Sedangkan untuk model termahal harganya berkisaran Rp 20,45 juta. Adapun perbedaan paling mencolok adalah di bagian kelirnya yang terlihat lebih elegan. Kemudian fitur smart key juga hanya ada di varian termahal.

Spesifikasi Scoopy 2021

Spesifikasi-Scoopy-2021

Motor Scoopy 2021 ini sudah menggunakan mesin 4 langkah. SOCH dengan pendingin udara mampu menghasilkan tenaga sebesar 9.1 PS di angka 7.500 rpm. Tidak hanya itu, mesin ini juga bisa memuntahkan torsi sebesar 9.4 Nm pada 6.000 rpm.

Meskipun hanya dengan memakai kapasitas mesin 110cc namun sudah menghasilkan motor dengan performa yang sangat baik.  Di tambah motor ini sudah di bekali dengan fitur canggih berupa PGM-FI atau sistem pembakaran Fuel Injection. Sehingga menjadikan kinerja mesin menjadi lebih maksimal, optimal dan pastinya bahan bakar menjadi lebih irit bila dibandingkan dengan motor yang belum dilengkapi fitur PGM-FI. 

MESIN
Tipe Mesin4 langkah, SOCH, eSP, Pendingin Udara
Volume Langkah109,5 cc
Sistem Suplai Bahan BakarPGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Diameter X Langkah47 x 63,1 mm
Tipe TranmisiOtomatis , V – Matic
Rasio Kompresi10:01
Daya Maksimum6,6 kW (9 PS) / 7.500 rpm
Torsi Maksimum9,3 Nm (0,95 kgf.m) / 5.500 rpm
Tipe StarterElektrik and kick Starter / Elektrik (Tipe Smart Key)
Tipe KoplingOtomatis, Sentrifugal, Tipe Kering
RANGKA & KAKI KAKI
Tipe RangkaUnderbone – eSAF (enhance Smart Architecture Frame)
Tipe Suspensi DepanTeleskopik
Tipe Suspensi BelakangLengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal
Ukuran Ban Depan100/90 – 12 59J (Tubeless)
Ukuran Ban Belakang110/90 – 12 64J (Tubeless)
Rem DepanCakram Hidrolik, Piston Tunggal
Rem BelakangTromol
Sistem PengeremanCombi Brake System

Jadi, bagaimana menurut kalian tentang Honda Scoopy 2021 terbaru ini. Apakah Tertarik untuk memilikinya? Atau justru masih tertarik pada generasi sebelumnya? Yang pasti motor ini sangat cocok digunakan untuk semua kalangan, apalagi wanita yang hidupnya di perkotaan.