Sejarah Sepak Bola Asal Usul dan Pengertiannya secara Lengkap

Sepak bola menjadi olahraga paling populer dan banyak disukai oleh masyarakat dari berbagai negara di seluruh dunia. Tidak heran jika banyak orang yang penasaran dengan sejarah sepak bola dan bagaimana asal usul permainan olahraga ini tercipta.

Benarkah sepak bola menjadi olahraga paling populer di dunia? Seperti yang diketahui hampir di setiap negara terdapat pertandingan dan kejuaraan sepak bola. Tentunya hal tersebut menjadi bukti yang kongkret bahwa sepak bola menjadi olahraga yang paling populer di dunia.

Pengertian Permainan Sepak Bola

Pengertian Permainan Sepak Bola

Sebelum membahas tentang sejarah sepak bola, akan lebih baik lagi jika mengetahui lebih jauh tentang pengertian permainan sepak bola. 

Olahraga yang menggunakan bola berbahan utama karet ini merupakan permainan yang dilakukan oleh dua tim dan setiap tim memiliki jumlah pemain sebanyak 11 orang.

Jadi permainan sepak bola adalah permainan yang melibatkan dua tim yang berjumlah 11 orang di setiap tim yang mana masing-masing tim berupaya untuk memasukkan bola ke gawang tim lawan untuk memenangkan permainan.

Setiap pemain yang bertanding memiliki posisinya masing-masing, selain ada 11 pemain inti ada beberapa pemain pengganti yang bertugas untuk menggantikan pemain yang cedera atau tidak bisa melanjutkan pertandingan.

Dalam penentukan pemenang pertandingan sepak bola, hal utama yang dinilai adalah banyaknya bola yang dimasukkan ke gawang lawan. 

Tim yang berhasil memasukkan bola ke gawang lawan akan dianggap sebagai pemenang pertandingan.

Sepak bola memiliki sebutan yang berbeda-beda, namun memiliki teknik permainan dan peraturan yang sama. 

Contohnya di Inggris olahraga sepak bola disebut dengan nala football dan di Amerika disebut dengan soccer.

Di Indonesia sendiri olahraga ini disebut sepak bola yang terdiri dari dua kata yaitu ‘sepak’ dan ‘bola’, kedua kata tersebut memiliki maknanya masing-masing. 

Kata ‘sepak’ memiliki makna melangkah dengan kaki sedangkan kata ‘bola’ memiliki makna sebuah benda berbentuk bulat atau bundar yang terbuat dari bahan karet atau kulit.

Cerita Singkat Sejarah Sepak Bola Kuno

Cerita Singkat Sejarah Sepak Bola Kuno

Sejarah sepak bola dimulai di negeri tirai bambu yakni China, sekitar abad kedua dan ketiga sebelum Masehi tepatnya pada masa pemerintahan Dinasti Han. Masyarakat di sana telah mengenal permainan sepak bola, pada zaman itu bola yang digunakan terbuat dari kulit.

Masyarakat pada masa itu menggiring dan menendang bola tersebut sebuah gawang kecil yang terbuat dari jaring. Saat itu untuk memasukkan bola ke gawang sanggatlah sulit karena ukuran gawang di masa tersebut tidak sebesar ukuran gawang saat ini pada sepak bola modern.

Munculnya permainan sepak bola di kala itu bertujuan untuk melatih fisik para tentara di Dinasti Han agar tetap memiliki tubuh yang bugar dan sehat. Selain untuk melatih fisik para tentara, permainan sepak bola juga diadakan di hari-hari besar seperti pada saat perayaan ulang tahun kaisar kala itu.

Permainan tersebut juga dimainkan oleh masyarakat di Jepang dengan sebutan Kemari dan menggunakan bola yang terbuat dari kulit kijang. Dan ternyata permainan menggiring dan menendang bola ke gawang jaring ini juga ditemukan di berbagai negara.

Selain di China dan Jepang permainan menggiring dan menendang bola juga populer dan disukai masyarakat di berbagai penjuru dunia, di antaranya seperti di negara Romawi, Inggris, Mesir Kuno, Amerika Tengah, dan Meksiko.

Cerita Singkat Sejarah Sepak Bola Dunia

Cerita Singkat Sejarah Sepak Bola Dunia

Seperti yang telah di bahas di atas bahwa sejarah permainan sepak bola dimulai di negeri China pada abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi atau lebih tepatnya pada masa Dinasti Han. Masyarakat di kala itu memainkan permainan ini dengan cara menggiring benda berbentuk bundar yang terbuat dari kulit dan menendangnya ke jaring kecil.

Kemudian permainan sepak bola modern mulai berkembang dan menjadi semakin populer di berbagai negara di dunia, sejak ditetapkannya peraturan dasar permainan sepak bola di Inggris.

Pada beberapa momen pertandingan permainan sepak bola menimbulkan banyak masalah, termasuk banyaknya masalah kekerasan selama pertandingan berlangsung. 

Sehingga pada tahun 1365 Raja Edward III memutuskan untuk melarang masyarakat memainkan sepak bola. Keputusan Raja Edward III ini juga mendapat dukung dari Raja James I dari Skotlandia hingga pada akhirnya pada tahun 1815 terjadi perkembangan yang besar dalam dunia sepak bola.

Sehingga membuat sepak bola menjadi olahraga yang populer di lingkungan sekolah dan perguruan tinggi. Munculnya sepak bola modern terjadi pada tahun 1963 di Freemanson Tavern ketika sekolah dan klub berkumpul untuk membuat rumusan peraturan baku dalam permainan sepak bola.

Pada tahun 1969 peraturan permainan sepak bola mulai diubah sehingga para pemain tidak diperbolehkan lagi menggunakan tangan untuk membawa bola dalam pertandingan. Awal mulanya kepopuleran sepak bola dimulai dari tahun 1800-an dimana para pelaut, tentara, dan pedagang dari Inggris menyebarkan permainan tersebut ke berbagai pelosok dunia.

Seperti yang kita tahu Inggris merupakan negara penjelajah yang hampir menduduki dan menjajah negara-negara di dunia pada zaman itu. Tidak heran jika sejarah sepak bola mulai mendunia dan diterima berbagai negara disebabkan karena pengaruh budaya Inggris kala itu.

Pada akhirnya di tahun 1904 asosiasi sepak bola sedunia bernama FIFA didirikan dan pada awal tahun 1900-an telah diselenggarakan pertandingan sepak bola di berbagai negara di dunia.

Daftar Peristiwa Penting dalam Sejarah Sepak Bola Modern

Daftar Peristiwa Penting dalam Sejarah Sepak Bola Modern
  • Pada Tahun 1863 terbentuknya Asosiasi Sepak Bola Inggris
  • Tahun 1885 diselenggarakan sebuah pertandingan di luar negara Inggris yakni pertandingan Kanada melawan Amerika
  • Tahun 1886 pertama kalinya diselenggarakan rapat agenda yang membahas pembentukan Asosiasi Sepak Bola Dunia
  • Tahun 1888 mulai ditetapkannya wasit sebagai pemegang penuh dalam pertandingan
  • Tahun 1904 didirikannya FIFA sebagai Asosiasi Sepak Bola Dunia

Dari pembahasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa sejarah sepak bola mulai dikenal masyarakat dunia disebut-sebut berkat tentara dan pedagang Inggris yang senang menjelajah ke berbagai pelosok dunia dan menyebarkannya.