Keunggulan durian musang king dibanding jenis lain sangat jelas. Namun, kebanyakan orang tidak mengetahui hal ini. Kondisi tersebut membuat beberapa lebih memilih jenis lain. Bagi orang yang tidak memahami tentang durian, musang king hanya terkenal dengan jenis yang memiliki rasa khas. Bagi para pencintanya, tipe ini dipilih sebagai yang terbaik.


Penentuan label terbaik itu tentu tidak main-main. Di Indonesia terdapat banyak jenis buah durian. Kondisi ini sangat wajar mengingat kekayaan alam dari negeri ini sangat baik. Dengan dipilihnya jenis musang king sebagai yang terbaik, itu membuktikan bahwa mereka memiliki paket lengkap yang unggul dari banyak jenis lain.


Untuk memahami paket lengkap tersebut, keunggulan durian musang king tentu perlu diketahui terlebih dahulu. Karena saking banyaknya, memang sulit untuk menyebut keunggulan itu satu per satu. Namun terdapat beberapa keunggulan utama yang bisa ditonjolkan. Pada kesempatan kali ini, mari membahas lebih rinci mengenai keunggulan utama tersebut.


Rasanya Nomor Satu dan Ketebalan Dagingnya Juara


Rasa durian sangat khas. Manisnya sangat pekat sehingga rasanya sulit dilupakan ketika menempel di lidah. Selain itu, keharuman durian juga sangat nyaman ketika masuk ke penciuman para pencintanya. walaupun manis ini merupakan keunggulan utama, beberapa orang sering mengeluhkannya. Itu karena, manis yang berlebihan juga terasa tidak nyaman.


Disinilah letak keunggulan durian musang king menjadi lebih jelas. Rasa manisnya bercampur dengan sedikit pahit yang menjadi ciri khas dari buah lokal. Ini tentu membuat masalah berupa rasa manis berlebihan bisa dihindari. Dari aroma sendiri, terdapat keunggulan yang nampak jelas. Aroma harumnya jauh lebih menyengat.


Ini tentu membuat selera makan dari para pencintanya semakin membesar. Untuk beberapa orang dengan penciuman peka, sedikit harum alkoholis yang khas bahkan akan terasa. Ketika lidah dimanjakan oleh jenis musang king, penikmatnya pasti merasa takjub. Itu karena, dagingnya akan langsung meleleh begitu mengenai lidah.


Kondisi meleleh dengan dicampur rasa manis pahit dan aroma tingkat tinggi menjadikan jenis ini paket lengkap yang banyak disukai. Keunggulan durian musang king lain juga terlihat pada ketebalan dari dagingnya. Beberapa masalah yang sering dialami oleh pencinta durian terletak pada terlalu besarnya biji.


Ketika bijinya besar, ketebalan dagingnya akan menipis. Hal ini tentu menjadi kerugian bari orang yang mengkonsumsinya. Hal berbeda jelas akan terasa ketika memilih jenis musang king. Tipe ini memiliki biji yang relatif kempis. Kempisnya biji tentu membuat ketebalan daging meningkat.
Selain itu, tekstur dari daging tersebut juga menjadi keunggulan durian musang king lain. Berbeda dengan jenis lain yang teksturnya sering basah dan kasar, daging dari tipe ini bertekstur kering dan lembut. Ini membuat tangan dari orang yang mengkonsumsinya akan tetap kering tanpa dibuat basah oleh daging tersebut.

Menanamnya Juga Tidak Terlalu Sulit


Selain karena rasanya, alasan lain mengapa harga durian sangat tinggi adalah karena kesulitan dalam proses penanamannya. Ketika memilih jenis musang king, kesulitan tersebut dapat diselesaikan. Itu karena, tipe ini memiliki kemampuan adaptasi yang sangat baik. Salah satu kemampuan adaptasi tersebut nampak jelas pada ketinggian lahan yang dibutuhkan.


Kebanyakan durian perlu ditanam pada tinggi tanah sekitar 500 mdpl. Keunggulan durian musang king membuat ketinggian tersebut tidak perlu dihiraukan. Tanaman ini bisa dirawat baik pada dataran rendah maupun tinggi. Jika sering berlibur ke malang, cobalah pergi ke dataran tingginya.


Disana, akan ditemukan banyak perkebunan durian jenis ini. Bahkan, terdapat beberapa pohon yang tumbuh pada tinggi lahan mencapai 1.000 mdpl. Ini menjadi hal luar biasa mengingat kebanyakan durian akan kesulitan tumbuh pada ketinggian itu. Bahkan menurut beberapa orang, rasa durian musang king menjadi lebih enak saat ditanam pada tempat tinggi.


Mungkin dari segi buah, menanamnya pada tempat lebih tinggi akan membuat warnanya sedikit lebih pucat. Hal ini jelas berbeda pada kebanyakan jenis lain karena warnanya jauh lebih pekat. Namun ketika daging pucat tersebut menempel pada lidah, kombinasi rasa pahit dan manisnya terasa jauh lebih seimbang.


Selain itu, keunggulan durian musang king yang ditanam pada tempat tinggi juga terletak pada rasa gurih yang ditonjolkan. Rasa gurih tersebut bahkan bercampur dengan kondisi lebih lengket. Namun untuk mendapatkan daging dengan rasa tersebut, diperlukan kesabaran lebih besar. Itu karena, pertumbuhannya relatif lebih lambat.


Modifikasi Kaki Tiga Bisa Dilakukan


Ketika memilih jenis musang king dalam melakukan budidaya, terdapat keunggulan berupa modifikasi kaki tiga yang bisa dilakukan. Melakukan modifikasi kaki tiga sendiri tidak terlalu sulit. Ketika dilakukan, kemampuan adaptif tingkat tinggi yang dimilikinya membuat pohon tidak akan mati. Sebenarnya, kaki tiga ini berasal dari satu bibit.


Jangan anggap bahwa keunggulan durian musang king ini didapat karena mencampur tiga buah bibit. Ketika satu bibit diambil, ambillah dua batang lain dari pohon yang terbukti memiliki buah berkualitas unggul. Untuk hasil terbaik, pilihlah batang dengan ciri khas buah yang ketebalan dan rasanya paling unggul.


Lakukan teknik okulasi untuk melakukan pencampurannya. Dengan itu, modifikasi kaki tiga sudah selesai dilakukan. Jika dilihat dari hasil akhir, perbedaan dari modifikasi kaki tiga dan jenis biasa memang sangat kecil. Namun, perbedaan utama terletak pada kecepatan tumbuhnya pohon. Dengan memiliki tiga batang, nutrisi yang diserap akan membanyak.


Banyaknya nutrisi tersebut tentu membuat pertumbuhannya menjadi lebih cepat. Ini tentu berpengaruh pada waktu panen karena kondisi ini bisa mempercepat prosesnya. Selain itu, keunggulan durian musang king kaki tiga terletak pada tingkat kekokohannya. Dengan mempunyai tiga batang, akarnya jelas membanyak. Banyaknya akar ini menjadi alasan utama mengapa pohon tersebut bisa menjadi semakin kokoh.


Daerah yang rawan longsor juga akan dibantu dengan pohon jenis ini. Hal tersebut akan membuat tanah menjadi semakin kuat sehingga kemungkinan terjadinya longsor menjadi lebih kecil. Jika dihitung dari waktu pertama kali tanam, pohon jenis ini sudah akan berbuah dalam waktu 3 sampai 5 tahun.


Populer dan Harga Jualnya Tinggi


Jika bertanya pada orang-orang tentang jenis durian terpopuler, kebanyakan akan memberikan dua jenis. Jenis tersebut antara lain montong dan musang king. Keduanya memang sangat populer sehingga peminatnya berjumlah sangat banyak. Ketika seseorang mencoba untuk membuka bisnis, menemukan konsumen tidak akan menjadi hal sulit.


Jika dilihat dari harga, uang yang dikeluarkan untuk mendapatkan satu kilo jenis ini mencapai 150 ribu rupiah. Harganya akan meningkat pesat apabila kulitnya sudah dilepas dan dijual dalam bentuk baku. Harganya mencapai 450 ribu per kilo. Di kota besar, harganya bahkan semakin meningkat hingga menyentuh angka 500 ribu per kilo.


Ketika hendak membuka bisnisnya, sangat tepat jika memutuskan untuk bergelut pada jenis musang king. Namun, sifat sabar menjadi sangat wajib. Itu karena, bisnis durian membutuhkan waktu yang cukup lama untuk berkembang. Namun setidaknya, adanya keunggulan durian musang king membuat perkembangan tersebut menjadi pasti.