Masih banyak orang belum mengetahui fakta mengenai Durian yang merupakan salah satu makanan populer terutama untukĀ  kawasa Asia Tenggara. Seperti kita ketahui tidak ada orang di Indonesia tidak tau mengenai buah yang satu ini.

Apalagi ada banyak sekali jenisnya yang ditanam, tentunya walaupun memiliki duri namun berbanding terbalik dengan penampilannya maka rasanya sangat manis sekali. Kondisi inilah menyebabkan banyak orang ketagihan dalam mencobanya.

Namun agar bisa mengetahui lebih dalam mengenai makanan yang satu ini maka wajib membaca mengenai fakta mengenai Durian, apalagi buah yang satu ini hanya bisa ditemukan pada daerah tropis saja.

Walaupun memiliki aroma menyengat sehingga banyak orang terganggu akan hal tersebut maka buah ini dapat diolah menjadi banyak makanan sehingga bisa dinikmati dengan banyak cara selain langsung dimakan.

Ditambah lagi di pasaran harga ditawarkan juga beragam, mulai dari yang murah sampai mahal. Hal tersebut pastinya bergantung dengan jenis, dimana pada saat ini sudah banyak bermunculan jenis Durian tidak hanya manis namun dagingnya tebal.

Semakin tebal daging maka semakin diincar oleh banyak orang sebab bisa membuat orang yang mengkonsumsinya menjadi lebih puas. Namun apapun jenisnya sudah pasti buah ini memiliki rasa manis sehingga membuat ketagihan dan tidak cukup hanya 1 buah saja.

Fakta Mengenai Durian Dijuluki Sebagai Raja Buah

Fakta pertama mengenai buah ini adalah bagi orang Asia Tenggara menjulukinya sebagai raja buah, hal ini bisa terlihat pada ukurannya jika dibandingkan dengan sesama buah maka jauh lebih besar. Ditambah lagi satu buah saja bisa mencapai beberapa kilogram.

Selain memiliki ukuran besar dan berat lumayan namun aroma yang dihasilkan cukup menyengat, tidak heran jika beberapa orang merasa terganggu akan hal tersebut. Bahkan tidak jarang ada yang merasa pusing bahkan mual saking tajamnya aroma tersebut.

Namun dibalik itu semua terdapat fakta mengenai Durian dimana mayoritas orang di Asia Tenggara menyebutnya sebagai raja buah, hal ini dikarenakan ada banyak sekali keistimewaaan dimilikinya walaupun tampilannya menyeramkan.

Sebab ada banyak sekali orang takut dengan buah ini karena memiliki duri tajam, bahkan jika ingin membukanya harus berhati-hati apabila tidak ingin terluka akibat terkena duri tersebut. Padahal terdapat fungsi kehadiran duri-duri tersebut.

Sebenarnya merupakan bentuk pertahanan agar tidak mudah dimakan oleh hewan, sehingga ketika buah ini ingin dimakan maka membuat hewan tersebut akan terluka untuk membukanya. Namun jika dilakukan secara hati-hati maka tidak masalah.

Hal tersebut juga berlaku dengan aroma menyengat dihasilkan, tujuannya agar tidak diserang oleh hama atau hewan yang ingin memakannya akan hilang selera. Jadi dibalik seluruh hal yang membuat orang tidak menyukainya maka terdapat rasa manis.

Bahkan rasa manis pada buah ini berbeda dengan lainnya sehingga tanpa pemanis buatan sekalipun. Tidak heran jika banyak sekali makanan menjadikan Durian sebagai bahan baku akibat rasanya yang sangat khas.

Memiliki Banyak Kandungan Gizi Dibandingkan dengan Jenis Buah Lainnya

Hal menarik seputar fakta mengenai Durian adalah buah ini memiliki kandungan gizi tinggi, bahkan begitu juga dengan kandungan nutrisi dan antioksidannya. Jadi selain menonjolkan rasanya yang sangat enak maka ada hal lainnya yang tidak kalah bermanfaat.

Bahkan yang tidak kalah mencengangkan adalah buah ini memiliki antioksidan sangat tinggi dibandingkan dengan jenis lainnya, tidak heran jika ada banyak manfaat ditemukan asal mengkonsumsinya tidak berlebihan.

Di dalam Durian juga terdapat zat besi, potasium, dan vitamin C. Tentunya pada kandungan tersebut bisa sangat bagus untuk kesehatan kulit, tekanna darah bahkan mampu meningkatkan kekuatan otot.

Tidak heran jika fakta mengenai Durian adalah sangat bagus untuk kesehatan juga, bahkan kandungan antioksidan tersebut bisa membuat kesehatan otak meningkat bahkan melindungi jantung juga.

Jadi dengan berbagai macam manfaat ini maka sangat disayangkan jika masih banyak orang enggan mencoba untuk memakannya. Apalagi kandungan tersebut jauh lebih banyak dibandingkan dengan jenis buah-buahan yang ada di pasaran.

Namun jika mengkonsumsinya secara berlebihan maka tidaklah baik juga, jadi lebih bagus untuk mengkonsumsi sesuai dengan kebutuhan. Dengan cara tersebut maka kandungannya di dalamnya bisa memberikan efek positif terhadap kesehatan.

Dapat Menjaga Kehangatan Tubuh Ketika Cuaca Dingin

Fakta mengenai Durian lainnya adalah mampu menjaga kehangatan tubuh sehingga ketika mengkonsumsinya di cuaca dingin maka sangat cocok sekali. Kondisi ini bisa terjadi akibat adanya kandungan sulfida di dalamnya.

Kandungan tersebut menyebabkan efek panas sehingga bisa membuat tubuh menjadi lebih hangat, dimana akan sangat terasa apabila dikonsumsi pada saat suhu sedang rendah atau dingin.  Bahkan terdapat kandungan mineral di dalam buah ini dimana memberikan efek positif juga.

Kandungan mineral tersebut adalah kalium dimana bisa membuat tubuh menjadi tidak mudah lelah. Bahkan kandungan karbohidrat di dalamnya juga sangat tinggi. Bahkan dari 100 gram Durian mampu menyumbang sampai 21% kebutuhan karbohidrat.

Kondisi ini pastinya bisa membantu dalam mengisi energi dalam waktu cepat, tidak hera jika fakta mengenai Durian ini bisa membantu Anda yang awalnya membenci bisa menjadi mau untuk mencobanya.

Bahka buah ini juga mampu menyembuhkan beberapa penyakit seperti insomnia, sebab terdapat kandungan triptofan sehingga ketika dikonsumsi dapat diubah menjadi hormon serotonin dimana menyebabkan rasa bahagia dan rileks.

Hormon inilah yang bisa membuat orang bisa menjadi mudah untuk tidur sehingga bisa mencegah insomnia, dimana penyakit tersebut menyebabkan penderita menjadi sulit untuk tidur sehingga baru akan terlelap ketika waktu sudah pagi.

Penyakit yang Penderitanya Tidak Boleh Mengkonsumsi Durian

Terdapat beberapa penderita penyakit tidak boleh mengkonsumsi Durian, walaupun di dalam buah ini terdapat beberapa kandungan bisa memberikan efek positif namun justru berbahay jika dikonsumsi oleh penderita beberapa penyakit ini.

Berikut beberapa penyakit yang penderitanya dilarang keras mengkonsumsi buah ini, apabila memaksa mengkonsumsinya maka terdapat efek samping bisa dirasakan. Beberapa penyakit tersebut adalah seperti:

1. Diabetes

2. Penderita hipertrigliserida

3. Asam urat

Pastinya terdapat beberapa alasan mengapa penderita penyakit tersebut dilarang mengkonsumsi Durian, seperti diabetes dimana kandungan gula di dalam buah ini tinggi. Jadi ketika mengkonsumsi satu biji saja maka bisa membuat tingkatan gula darah menjadi tinggi dalam waktu singkat.

Kemudian untuk penderita asam urat dilarang mengkonsumsi akibat ada kandungan sedikit alkohol sehingga menyebabkan purin menjadi menumpuk. Kondisi ini bisa memicu kambuhnya asam urat kepada penderita.

Apalagi makanan yang bisa  memicu produksi purin bisa memperparah kondisi penderita asam urat. Sedangkan untuk penderita hipertigliserida dikarenakan jika gula darah sudah naik maka bisa berakibat kepada bagian tersebut juga.

Karena itulah disarankan untuk mengkonsumsi dalam jumlah wajar agar tidak memberikan efek samping, sebab nikmatnya Durian membuat orang mengkonsumsinya secara berlebihan sehingga memberikan efek buruk terhadap kesehatan.

Walupun tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat beberapa hal posiitf terkandung di dalam buah ini, oleh sebab itu jangan lupa untuk membaca berbagai macam fakta mengenai Durian agar bisa mengenal buah ini lebih dalam agar tau sisi negatif dan positifnya.