5 Klub Sepak Bola Tertua Indonesia

Sepak bola menjadi salah satu cabang olahraga yang sangat populer, hampir semua kalangan menyukai permainan olahraga yang satu ini. Terdapat beberapa klub sepak bola tertua Indonesia dari masing-masing daerah atau provinsi masyarakat, sehingga menambah rasa kecintaan terhadap sepak bola yang dirasa mewakili daerahnya.

Beberapa dari nama klub sepak bola yang ada di Indonesia saat ini, tentunya ada salah satu klub yang kamu dukung. Namun, tahukah kamu mengenai klub sepak bola tertua yang ada di Indonesia? Dalam tulisan ini akan dibahas tentang 5 klub sepak bola paling tua dan sejarah singkat sepak bola yang ada di Indonesia. 

Kapan Pertama Kali Sepak Bola Masuk Indonesia?

Kapan Pertama Kali Sepak Bola Masuk Indonesia

Sepak bola berasal dari negara China atau Tiongkok, tepatnya yaitu Dinasti Han pada abad kedua masehi sampai ketiga masehi.Nama sepak bola di negara China yaitu Cuju atau TsuChu sendiri merupakan kata yangberasal dari kata kanton chuk-ko.

Masa tersebut bola terbuat dari kulit binatang, digulung sehingga menyerupai bola. Cara memainkannya hampir sama dengan sepak bola zaman sekarang, yaitu pemain berusaha memasukan bola ke jaring lawan, namun bentuk jaringnya kecil. 

Tahun 1914 pada masa pemerintahan Hindia Belanda, awal mula banyaknya pertandingan dan  permainan sepak bola antar kota di Pulau Jawa. Sebelum adanya PSSI seperti sekarang, dulu organisasi sepak bola di Hindia Belanda memiliki nama Nederlandsch Indische Voetbal Bond (NIVB).

Setelah itu, organisasi tersebut ganti nama menjadi Nederlandsch Indische Voetbal Unie (NIVU) pada 1927.Masih dalam masa penjajahan, maka dibentuk nama Persatoean Sepakraga Seloeroeh Indonesia (PSSI), nama tersebut  hingga kini dikenal. Pada 19 April 1930 secara resmi nama  Persatuan Sepak Bola Indonesia dibentuk tepatnya di Yogyakarta. 

Pendiri PSSI adalah Soeratin Sosrosoegondo, kemudian beliau menjabat menjadi Ketua PSSI yang pertama.

5 Klub Sepak Bola Tertua Indoenesia

Pertandingan sepak bola Indonesia mulai digelar selaras dengan muncul beberapa klub sepak bola. Klub-klub tersebut yang pada akhirnya mampu menggawangi akan munculnya kompetisi olahraga sepak bola diIndonesia. Berikut daftar 5 klub tertua sepak bola di Indonesia, yaitu:

1. PSM Makassar

PSM Makassar klub sepak bola tertua indonesia

PSM Makassar menjadi salah satu klub sepak bola tertua yang ada di Indonesia, klub bola yang memiliki julukan Juku Eja ini berdiri pada 2 Nobember 1915 dengan nama Makassar Voetbal Bond (MVB).

Saat ini klub PSM Makassar menjadi salah satu klub dengan memiliki kekuatan yang besar, PSM sendiri mampu berlaga di kompetisi teratas BRI di liga 1. PSM tercatat pernah mewakili Indonesia pada Liga Champions AFC pada musim 1996/1997, 2000/2001, dan 2003/2004. 

2. PPSM Magelang

PPSM Magelang

Klub berikutnya yaitu PPSM Magelang, klub yang satu ini dibentuk pada 15 Maret 1919. Berdirinya klun bola PPSM ini memiliki jangka waktu empat tahun setelah berdirinya PSM Makassar. PPSM Magelang ini sebelumnya memiliki nama Indonesische Voetbal Bond Magelang (IVBM). 

PPSM ini juga merupakan salah satu klub yang ikut dalam pembentukan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau PSSI, yaitu pada tahun 1930 di Yogyakarta. Akan tetapi, klub sepak bola yang satu ini tidak bisa menjajal di kompetisi teratas di Indonesia. 

Laskar Macan Tidar merupakan julukan bagi PPSM, namun klub ini hanya dapat berlaga pada kasta ketiga atau biasa di sebut liga tiga pada musim 2021 kemarin. PPSM juga musim ini gagal untuk melangkah ke putaran nasional. 

3. Persis Solo

Persis Solo klub sepak bola tertua indonesia

Klub sepak bola tertua berikutnya ialah Persis Solo, klub yang satu ini berdiri 8 November 1923, sebelumnya memiliki nama Vorstenlandsche Voetbal Bond (VVB). Persis Solo juga menjadi salah satu klub yang ikut dalam pembentukan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau PSSI. 

Persis Solo memiliki julukan Laskar Sambarnyawa, klub yang satu ini mampu maju ke kasta tertinggi pada liga sepak bola Indonesia, yaitu liga 1. Sebelumnya Persis Solo sering berlaga di liga 2, namun setelah Kaesang Pangarep mengambil alih tentang kepemilikan klub, sebagian orang menganggap mampu memberikan pengaruh, sehingga berhasil naik kasta. 

4. Persebaya Surabaya

Persebaya Surabaya

Klub tertua berikutnya yaitu Persebaya Surabaya, berdiri 18 Juni 1927. Sebelumnya nama klub yang satu ini Soerabajasche Indonesische Voetbal Bond (SIVB). Seperti klub sepak bola sebelumnya di atas, Persebaya juga merupakan klub yang ikut ambil peran dalam pembentukan PSSI. 

Persebaya Surabaya saat ini berlaga pada kompetisi liga 1, beberapa tahun yang lalu Persebaya pernah didegradasi ke liga 2. Persebaya sendiri merupakan salah satu klub sepak bola terkuat yang ada di Indonesia. 

Persebaya Surabaya memiliki julukan Bajol Ijo, juga klub ini pernah menjadi juara pada Liga Indonesia sebanyak enam kali. Selain itu, kompetisi liga 2 yang diikutinya saat masih memiliki nama divisi 1 atau juga liga 2 mampu menjuarai sebanyak tiga kali. Persebaya juga pernah berlaga pada Liga Champions AFC dua kali. 

5. Persija Jakarta

Persija Jakarta klub sepak bola tertua indonesia

Klub berikutnya ialah Persija Jakarta, klub yang memiliki julukan Macan Kemayoran. Persija berdiri pada 28 November 1928 yang sebelumnya memiliki nama Voetbalbond Indonesische Jacatra (VIJ), sebelum pada akhirnya berganti nama menjadi Persija Jakarta sampai sekarang. 

Persija mampu berlaga pada liga 1, juga klub yang satu ini pernah menjadi juara sebanyak dua kali pada liga Indonesia, tepatnya pada 2001 juga 2018. Selain itu, pada era perserikatan Persija mampu menorehkan juara sebanyak sembilan kali, maka tidak heran jika Persija merupakan salah satu klub yang dianggap kuat dan klub besar. 

Itulah beberapa informasi terkait lima klub sepak bola tertua yang ada di Indonesia. Terkait sejarah singkat sehingga sepak bola masuk Indonesia dan mampu menjadi salah satu ajang olahraga yag populer saat ini.