Cara Menghapus Jaringan WiFi di Windows 10

Jaringan WiFi bisa tersimpan karena terhubung oleh PC atau laptop, terutama di Windows 10. Apabila sudah tersimpan dan ingin menghilangkannya, butuh cara menghapus WiFi agar tidak ada lagi dalam Windows 10.

Jika ingin menghapusnya, sebaiknya cari tahu dulu cara yang paling tepat agar dapat melakukannya dengan mudah. Biar tidak ragu melakukannya, pelajari dahulu selengkapnya di bawah ini.

Fungsi WiFi yang Berhubungan dengan Internet dan Windows 10

Fungsi Wifi yang Berhubungan dengan Internet dan WIndows 10

WiFi memiliki banyak fungsi yang membawa manfaat untuk banyak pengguna. Beberapa fungsi yang membantu banyak orang adalah:

1. Sebagai Penghubung

Lebih jelasnya adalah penghubung dalam jaringan. Jaringan tersebut baik lokal dan internet yang tersambung dalam sebuah perangkat. Jaringan ini mempermudah pengguna untuk melakukan banyak hal dalam kapasitasnya dengan internet.

Menghubungkan dengan mudah membuat banyak orang sangat penting dalam urusan WiFi. Sekarang ini semua serba internet, jika tanpa koneksi, akan susah melakukan banyak hal.

2. Mempercepat Kecepatan Koneksi Internet

Mungkin sering merasakan jika menggunakan akses internet melalui jaringan seluler ada saja kendala yang muncul. Terlebih di daerah pegunungan yang susah sinyal, maka internet akan putus nyambung kurang stabil.

Adanya WiFi akan mempercepat sambungan dengan kecepatan maksimal. Selain itu kestabilan koneksinya tak diragukan lagi. Semua serba cepat bahkan untuk mengirim berbagai macam file.

3. Dapat Berbagi Data

Dengan adanya WiFi dapat melakukan berbagi data dengan perangkat lain. Untuk itu tak perlu khawatir karena lebih praktis dan sistem kerjanya juga sederhana. Selain itu dapat digunakan di smartphone sehingga tak perlu menggunakan kuota data seluler.

Keunggulan adanya WiFi beserta fungsinya memang tak diragukan lagi. Jika ingin menyambungkan ke Windows 10, memang wajar dan membuat pekerjaan lebih cepat. Namun, tetap saja ada cara menghapus WiFi dengan benar.

Adapun Windows 10 ini memang memiliki keunggulan yang banyak disukai pengguna. Dengan fitur lengkapnya Windows 10 seolah melengkapi Windows 7 dengan beberapa tambahan kelebihan yang lain. Kelebihan yang dapat ditampilkan di Windows 10 antara lain:

  • Menu yang dinamis membuat Windows 10 lebih efisien. Start menu ini seolah menjadi gabungan antara Windows 7 dan 8 yang sangat memanjakan pengguna.
  • Tampilan aplikasi dapat ditayangkan dalam satu layar sehingga memudahkan pengguna ketika akan menggunakan aplikasi tersebut.
  • Adanya teknologi akan virtual desktop yang akan mempermudah pengguna dengan tujuan yang berbeda.
  • Dalam semua perangkat, Windows 10 kompatibel dan sangat memanjakan pengguna saat menggunakannya.
  • Mudah untuk disambungkan di jaringan WiFi dan ketika ingin menghapusnya, bukan masalah sulit.

Adanya keunggulan ini maka tidak heran banyak orang menggunakan Windows 10 dalam berbagai pekerjaan. Memang fitur lengkap dengan kemudahan yang ada membuatmu lebih cepat untuk bergerak bersama Windows 10.

Apabila dihubungkan dengan WiFi maka dengan mudah akan tersambungkan dengan tahapan yang tidak rumit. Ketika akan menghapus dan menghilangkannya, juga bukan masalah rumit.

Cara Mudah Hapus WiFi di Windows 10

Fitur yang terdapat dalam Windows 10 memang menyediakan tempat untuk menyimpan jaringan WiFi. Karena sudah pernah terhubung, maka tidak perlu mengisi kata kunci ketika akan menggunakannya karena sudah tersimpan.

Namun, jika karena suatu hal dan ingin menghapus daftar jaringan yang sempat tersimpan di Windows 10, bukan masalah. Ada cara tertentu untuk menghapusnya dengan metode cara menghapus WiFi yang mudah. 

Microsoft yang membidangi Windows 10 menggunakan sistem GUI yang akan mempermudah cara hapus dan hilangkan jaringan WiFi tersebut. Caranya dapat dilakukan dengan metode tahapan di bawah ini.

1. Melalui Setting Windows 10

Cara pertama melalui app setting yang terdapat di Windows 10 dan bisa dilakukan dengan mudah karena dapat melakukannya dengan langkah seperti berikut:

  • Nyalakan laptop atau PC dan buka di bagian Settings, lanjut ke Network & Internet.
  • Saat terbuka laman Network & Internet akan terlihat di bagian kiri bagian paling atas. Tertulis WiFi pilih bagian itu sehingga muncul bagian kanan dengan tulisan Wireless Network Connection dan Related Settings
  • Manage WiFi Settings menjadi pilihan opsi selanjutnya.
Manage WiFi Settings menjadi pilihan opsi selanjutnya Cara Menghapus WiFi
  • Cek di bagian bawah dan makin ke bawah. Saat scroll temukan daftar jaringan WiFi yang pernah tersimpan. Di sana akan terlihat jaringan WIFi yang pernah tersimpan dan pernah digunakan.
  • Apabila sudah ketemu, bisa klik SSID WiFi untuk menghapusnya, Forget.

Caranya sangat mudah dengan tahapan yang tidak terlalu rumit juga. Cara menghapus WiFi di atas bisa dilakukan sendiri tanpa kesulitan berarti.

2. Melalui Command Promt

Melalui Command Promt Cara Menghapus WiFi

Jika cara pertama mudah dilakukan, begitu pula cara kedua menggunakan Command Promt. Cara kedua ini dapat dilakukan tanpa kendala yang mendasar, jadi mudah dilakukan siapa saja. Metode yang digunakan tak terlalu rumit juga, berikut ini prosesnya:

  • Langkah awal yang harus dilakukan adalah menyalakan PC atau laptop yang digunakan.
  • Untuk itu perlu dimunculkan Command Promt dengan cara menekan tombol secara bersamaan Windows + X. Dari sini akan muncul Command Promt dan pilih kata tersebut.
  • Jika sudah menekan tombol dengan benar, maka Command Promt akan terbuka. Tinggal tulis “netsh wlan show profiles”tentunya tanpa perlu tanda petik.
  • Dari pengetikan tersebut di atas, akan muncul penyimpanan WiFi selama digunakan. Apabila yakin akan dihapus atau dihilangkan, silahkan tulis: netsh wlan delete profile name=”PROFILE_NAME”.

Dengan demikian maka WIFi yang pernah tersimpan akan hilang dan terhapus dari Windows 10. Apabila masih ragu akan cara menghapus WiFi, perlu dipelajari dulu dengan baik sehingga akan meminimalisir kesalahan.

Namun, pada umumnya ketika melakukan orang akan mudah dapat menghapus WiFi yang tersimpan di Windows 10. Dengan demikian kita bisa melakukannya tanpa beban dan memang caranya mudah sekali.