Mudah dan Murah, Ini 5 Aplikasi Bitcoin Terbaik

Mudah dan Murah, Ini 5 Aplikasi Bitcoin Terbaik

Investasi Bitcoin cryptocurrency memang tengah naik daun pada pertengahan 2020 lalu hingga kini. Di tengah pandemi Covid-19 dan krisis ekonomi, Bitcoin mampu mendatangkan keuntungan hingga ratusan persen. Lantas, aplikasi Bitcoin terbaik apa saja yang direkomendasikan? 

Alasan Investasi Bitcoin

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, investasi Bitcoin memang sangat populer belakangan ini. Namun, apa hal yang membuat masyarakat begitu tertarik untuk berinvestasi di mata uang ini? Sebelum mengetahui aplikasinya, mari simak beberapa alasan investasi di Bitcoin:

  1. Harga Meningkat Drastis

Alasan yang pertama tentu saja karena harga Bitcoin meningkat drastis. Sebagai jenis koin cryptocurrency terpopuler, nilai Bitcoin mampu terbang tinggi hanya dalam hitungan bulan. Bahkan, nilainya bisa naik menembus all-time high baru.

Pada tahun 2020 lalu, Bitcoin berhasil melonjak hingga 354%. Angka ini sekaligus memecahkan rekor harga tertinggi pada tahun 2017 silam. Selain itu, kenaikan ini juga didorong oleh faktor fundamental. Jadi, bukan hanya euforia semata seperti aset lain.

  1. Dijadikan Alat Pembayaran

Seiring perkembangan zaman, alat pembayaran yang dapat digunakan secara digital bertambah banyak. Salah satu mata uang kripto yang diterima sebagai alat pembayaran digital adalah Bitcoin.

Meskipun di Indonesia hanya Rupiah yang berlaku sebagai mata uang resmi, tapi beberapa pihak ada yang menjadikan Bitcoin sebagai alat pembayaran. Hal ini didukung oleh sifat cryptocurrency yang transaksinya tidak diawasi bank sentral, jadi lebih mudah ditransfer secara digital.

  1. Sudah Legal

Beberapa tahun lalu, sempat beredar kabar bahwa bertransaksi mata uang cryptocurrency adalah hal yang ilegal. Namun, seiring perkembangan zaman, perdagangan aset cryptocurrency sudah mendapat izin di Indonesia.

Izin yang diberikan oleh Bappebti ini sudah dikantongi banyak aplikasi transaksi cryptocurrency. Namun, jangan salah penafsiran. Transaksi Bitcoin memang diperbolehkan, tapi membeli barang dan membayarnya dengan mata uang Bitcoin tidak diperbolehkan.

Sebagai investor atau trader yang cerdas, jangan sampai Anda termakan embel-embel aplikasi Bitcoin terbaik. Sebaiknya, pertimbangkan izin aplikasi, testimoni pengguna, hingga jumlah unduhan agar Anda tetap untung, bukan buntung.

Aplikasi Transaksi Bitcoin Terbaik

Tahun 2021 ini, sudah banyak aplikasi Bitcoin yang beredar di masyarakat. Sayangnya, tidak semua aplikasi mampu menjadi platform atau media transaksi yang aman, mudah, dan terpercaya. Maka dari itu, Anda harus sangat selektif dalam memilihnya.

Ingin tahu aplikasi apa saja yang dapat digunakan untuk bertransaksi Bitcoin? Simak daftarnya dibawah ini:

  1. Indodax

Aplikasi Bitcoin yang paling populer di Tanah Air adalah Indodax. Memiliki 1,9 juta anggota terverifikasi, tentu saja Indodax sudah terpercaya dan terdaftar resmi di Bappebti. Anda bisa mengunduh aplikasi ini di PlayStore maupun AppStore.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, Anda harus mengikuti beberapa langkah, yakni: 

  1. Pastikan Anda memenuhi persyaratan, yakni berusia lebih dari 18 tahun dan memiliki KTP
  2. Download dan instal aplikasi Indodax di perangkat Anda
  3. Buat akun dengan mengisi data diri, berupa nama, alamat e-mail, nomor HP, username, dan password
  4. Lakukan verifikasi dengan mengambil foto KTP dan foto selfie bersama KTP
  5. Tunggu proses verifikasi sekitar 12 jam

Setelah proses verifikasi selesai, Anda dapat langsung berinvestasi di platform ini. Minimal setoran di Indodax adalah Rp500.000. Anda dapat melakukan deposit melalui e-wallet, transfer bank, setor tunai, hingga ritel di Alfamart.

Di aplikasi Bitcoin terbaik ini, Anda tidak perlu khawatir soal keamanan. Pasalnya, Indodax memiliki fitur keamanan 2FA. Kehadiran fitur ini membuat Anda harus melakukan verifikasi sebanyak dua kali agar dapat masuk ke akun Indodax.

Selain Bitcoin, Indodax juga menyediakan 110 aset kripto lainnya. Bagi Anda yang masih pemula, Indodax juga memfasilitasi analisa chart secara gratis. Fitur cut-loss untuk meminimalisir kerugian juga ada dalam aplikasi ini.

  1. TokoCrypto

Selain Indodax, ada TokoCrypto yang juga menjadi exchange aset digital terbaik. Aplikasi yang berdiri sejak bulan Juni 2017 ini sudah diawasi oleh Bappebti. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dalam melakukan transaksi.

Cara menggunakan aplikasi TokoCrypto dapat Anda lihat pada panduan dibawah ini:

  1. Pastikan Anda memenuhi persyaratan
  2. Unduh dan instal aplikasi TokoCrypto, baik di PlayStore maupun AppStore
  3. Lakukan registrasi dengan mengisi nama, alamat, e-mail, dan setujui kebijakan privasi
  4. Lanjutkan tahap verifikasi dengan mengunggah foto KTP, mengisi data pribadi, serta mengambil foto selfie dengan gerakan normal atau acak
  5. Tunggu proses verifikasi sekitar 1 hari

Jika sudah selesai, Anda dapat langsung berinvestasi di TokoCrypto. Minimun deposit di TokoCrypto hanya Rp50.000 saja. Soal keamanan, Anda tidak perlu ragu karena TokoCrypto memiliki fitur 2FA, seperti Indodax.

  1. Rekeningku

Aplikasi Bitcoin terbaik selanjutnya adalah Rekeningku. Aplikasi buatan anak bangsa ini juga sudah terdaftar secara resmi di Bappebti, jadi Anda tidak perlu khawatir dalam bertransaksi. Karena buatan anak bangsa, Rekeningku tidak akan menyulitkan Anda dalam mendaftar.

Anda hanya perlu mengikuti panduan dan mengisi semua data diri dengan benar. Jika verifikasi Anda ditolak, maka kemungkinan penyebabnya adalah:

  1. Umur belum mencukupi atau dibawah 18 tahun
  2. Foto KTP terpotong atau buram
  3. Foto selfie kurang sesuai dengan aturan
  4. Masa berlaku KTP sudah kadaluarsa
  5. Nomor KTP sudah pernah digunakan di akun yang lain

Di aplikasi ini, Anda dapat menyetor uang minimal Rp50.000. Untuk masalah keamanan, Rekeningku juga sudah menggunakan sistem 2FA.

  1. Pintu

Pintu juga dapat dijadikan sebagai aplikasi Bitcoin terbaik. Karena masih tergolong baru, Pintu hanya menyediakan 10 aset koin cryptocurrency, termasuk Bitcoin. Meskipun begitu, aplikasi ini juga sudah berada di bawah pengawasan Bappebti.

Cara registrasi di aplikasi ini juga sangat mudah. Anda dapat mengikuti beberapa ketentuan, mengisi data diri, kemudian melakukan proses verifikasi. Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu sampai verifikasi selesai dilakukan.

Untuk aplikasi ini, minimum depositnya adalah Rp50.000. Anda bisa mengisi saldo lewat virtual account Mandiri, BRI, dan BNI. Sementara itu, sistem keamanan Pintu agak sedikit berbeda dari aplikasi-aplikasi sebelumnya.

Pintu mengusung sistem keamanan autentikasi multi-faktor dengan mengkombinasikan verifikasi SMS dan e-mail. Sistem keamanan ini diyakini mampu menjamin transaksi digital akan ditandatangani oleh pengguna akun tersebut.

  1. Luno

Aplikasi Bitcoin terbaik selanjutnya adalah Luno. Menjadi exchange Bitcoin asal Inggris, Luno baru masuk ke Indonesia pada tahun 2014 silam. Kini, aplikasi ini sudah tersedia di Google PlayStore maupun AppStore.

Seperti aplikasi lainnya, tentu saja Luno juga sudah diawasi oleh Bappebti. Agar dapat bertransaksi menggunakan aplikasi ini, Anda dapat mengikuti beberapa langkah dibawah ini:

  1. Unduh dan instal aplikasi Luno di perangkat
  2. Konfirmasi data pribadi dan nomor ponsel Anda
  3. Lakukan verifikasi dengan mengirim foto KTP dan foto selfie Anda
  4. Masukkan alamat tempat tinggal, kemudian pilih status pekerjaan
  5. Tentukan sumber dana Anda dan tunggu proses verifikasi selesai

Setoran atau deposit minimum di aplikasi ini hanya Rp50.000 saja. Dilengkapi dengan sistem keamanan 2FA, tentu saja Luno sangat aman untuk digunakan. Sayangnya, Luno hanya menyediakan 5 aset koin cryptocurrency.
Sebenarnya, tidak ada acuan pasti mengenai aplikasi Bitcoin terbaik. Maka dari itu, pilihlah aplikasi yang menurut Anda nyaman, aman, dan mudah digunakan. Meskipun pengaruhnya kecil, tapi jangan sampai salah memilih aplikasi untuk memaksimalkan keuntungan Anda.