Manfaat Mengkonsumsi Durian yang Bisa Dirasakan

Sebenarnya terdapat manfaat mengkonsumsi Durian yang dapat dirasakan oleh para konsumennya, jadi selain menawarkan rasa enak maka terdapat hal positif bisa dirasakan bagi kesehatan namun dengan batasan dalam mengkonsumsinnya.

Apalagi buah ini tidak hanya terkenal di kawasan Asia Tenggara saja namun juga masuk ke negara lain. Walaupun masih banyak orang yang masih kurang menyukainya akibat bau menyengat pada buah ini.

Namun apapun itu alasannya sebenarnya buah ini memiliki banyak khasiat terutama bagi kesehatan, namun dengan catatan dengan tidak mengkonsumsi secara berlebihan. Khasiat yang dimiliki buah tersebut merupakan efek dari kandungan di dalamnya.

Sebab ada banyak sekali zat baik untuk tubuh di dalam buah ini, oleh sebab itu agar lebih meyakinkan maka terdapat beberapa manfaat harus diketahui. Dengan cara ini maka Anda bisa melihat Durian dari sisi lainnya.

Sebab dengan hal tersebut Anda bisa melihat manfaat mengkonsumsi Durian yang merupakan efek positif dari buah ini. Jadi di balik bentuknya yang berduri serta memiliki bau menyengat maka bukan berarti Durian harus dipandang buruk.

Apalagi kandungan di dalamnya belum tentunya bisa ditentukan pada buah lainnya, apalagi Durian juga dipatok dengan harga terjangkau walaupun beberapa jenis memiliki harga tinggi. Hal tersebut dikarenakan adanya kelebihan dimiliki dibandingkan dengan jenis lainnya.

Mampu untuk Melawan Infeksi Bakteri

Manfaat mengkonsumsi Durian pertama harus diketahui adalah mampu melawan infeksi bakteri, dimana hal ini bisa ditemukan pada bagian kulitnya. Sebab manfaat pada Durian tidak hanya pada bagian buahnya saja namun sampai ke pohon dan kulitnya.

Padahal kulit merupakan salah satu bagian tidak penting bagi beberapa orang, sebab memiliki duri sehingga dianggap tidak bermanfaat. Bahkan duri tersebut bisa melukai orang jika tidak dipegang dengan baik.

Namun dibalik benda yang tidak bermanfaat tersebut terdapat beberapa hal yang bisa dimanfaatkan demi kesehatan. Kemampuan kulit Durian dalam menyembuhkan infeksi karena terdapat kandungan flavonoid, terpenoid, steroid, dan tanin yang tinggi.

Senyawa ini sendiri mampu melawan bakteri yang menjadi penyebab timbulnya jerawat, jerawat sendiri merupakan salah satu permasalahan kulit penting dari dulu sampai sekarang. Apalagi hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian.

Namun untuk bisa merasakan manfaat mengkonsumsi Durian yang satu ini harus melewati proses pengolahan sehingga bisa memanfaatkannya secara maksimal. Jadi tidak bisa Anda gunakan secara mentah-mentah.

Apalagi bagian kulit ini juga memiliki duri yang bisa melukai kulit, jadi tidak ada salahnya jika memanfaatkan kulit ini apalagi banyak sekali orang membuangnya. Sebab ketika mengkonsumsi Durian orang yang fokus pada bagian daging buahnya saja.

Jadi bagian kulit dan bijinya dibuang begitu saja, dengan memanfaatkan sampah seperti ini maka tidak menutup kemungkinan untuk mengurangi limbah dari Durian. Apalagi ketika musim Durian tiba maka sampah kulit Durian akan banyak ditemukan.

Manfaat Mengkonsumsi Durian untuk Mengurangi Kanker

Hal lainnya bisa dimanfaatkan oleh buah ini adalah mampu mengurangi risiko penyakit kanker, seperti kita ketahui bahwa kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya bahkan proses untuk kesembuhannya sangat tipis sekali.

Munculnya penyakit ini juga disebabkan oleh berbagai macam faktor, walaupun penyebab utamanya akibat mengkonsumsi makanan tidak sehat. Namun untuk mengurangi risiko terkena penyakit ini maka bisa memanfaatkan Durian.

Hal ini dikarenakan terdapat kandungan antioksidan di dalamnya bahkan sangat tinggi, dimana senyawa itulah bisa menjadi penangkal dari perkembangan sel kanker. Bahkan bisa menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Bahkan telah dilakukan beberapa riset dimana ekstrak dari Durian mampu mencegah perkembangan sel kanker payudara, apalagi penyakit tersebut banyak menyerang wanita. Akan tetapi terdapat aturan dalam memanfaatkan buah ini sebagai obat.

Apalagi diperlukan penelitian mendalam mengenai manfaat mengkonsumsi Durian yang satu ini, ditambah lagi jika Anda mengkonsumsi secara rutin. Bahkan dibutuhkan konsultasi dokter agar ketika mengkonsumsinya tidak memicu penyakit lain.

Apalagi dalam mengobati kanker dibutuhkan obat khusus demi meringankan rasa sakit maupun mengurangi proses penyebarannya. Namun akibat kandungan di dalamnya sangat banyak maka tidak heran jika Durian merupakan salah satu bahan baku obat yang sangat menggiurkan.

Sebab tidak menutup kemungkinan jika buah ini bisa menjadi obat berbagai macam penyakit. Ditambah lagi untuk menemukan buah ini sangat mudah sekali terutama pada saat musimnya tiba.

Dapat Membuat Tulang Lebih Kuat

Manfaat mengkonsumsi Durian lainnya adalah bisa memberikan efek positif terhadap kesehatan tulang, dimana tulang merupakan salah satu penompang tubuh. Namun kualitas kesehatan tulang dapat berkurang seiring bertambahnya usia.

Jadi agar kualitasnya terjaga maka harus menjaga sedini mungkin, selain bisa mengkonsumsi susu maka bisa juga memanfaatkan buah yang satu ini. Sebab di dalamnya juga mengandung kalsium dan kalium dalam jumlah tinggi.

Untuk kandungan kalium sendiri mencapai 9% dari angka kecukupan gizi harian seseorang, namun kandungan kalsiumnya jauh lebih rendah. Namun demi keseimbangan gizi ada baiknya memperhatikan pada saat proses konsumsi.

Dengan cara tersebut maka manfaat mengkonsumsi Durian bisa lebih dirasakan, karena ketika kandungan gizi yang masuk ke dalam tubuh tidak seimbang bahkan dalam jangka waktu panjang maka bisa memberikan efek buruk.

Pastinya banyak orang tidak menyangka bahwa buah ini mampu memperkuat tulang. Sebab banyak orang menggunakan susu untuk memperbaiki kualitas kesehatan tulang mereka. Padahal terdapat beberapa bahan makanan lain yang memiliki manfaat sama.

Dengan berbagai macam manfaat ini maka sangat disayangkan jika masih malas mengkonsumsi Durian. Karena sama dengan menolak merasakan manfaat yang diberikan oleh buah ini.

Manfaat Lainnya yang Bisa Dirasakan

Selain manfaat mengkonsumsi Durian di atas yang bisa dirasakan maka terdapat beberapa hal lainnya yang bisa dirasakan. Banyak manfaat ini tidak terlepas dari kandungan di dalam Durian yang sangat banyak. Beberapa manfaat lain yang bisa dirasakan adalah sebagai berikut:

1. Memperbaiki kualitas tidur

2. Mencegah kemunculan penuaan dini

3. Merupakan sumber energi

4. Dapat memperbaiki mood

Kemampuan Durian dalam memperbaiki kualitas tidur seseorang tidak terlepas dari kandungan melatonik di dalamnya. Bahkan terhitung sangat tinggi, kondisi inilah bisa memperbaiki kualitas tidur seseorang.

Jadi Durian sangat bagus dikonsumsi oleh penderita insomnia. Bahkan kandungan vitamin C dan antioksidan tinggi ini juga ampuh dalam mencegah terjadinya penuaan dini dimana merupakan salah satu hal ditakutkan oleh wanita.

Karena penuaan dini dapat membuat kulit lebih tua dibandingkan dengan usia sesungguhnya, bahkan Durian mampu memperbaiki mood dikarenakan adanya kandungan asam amino. Sebab asam tersebut bisa membuat rasa bahagian muncul.

Kandungan karbohidrat yang tinggi tentunya bisa membuat buah ini menjadi sumber energi, bahkan jika mengkonsumsi 2 buah daging Durian maka setara dengan mengkonsumsi pisang yang berukuran sedang.

Jadi jika membutuhkan energi tambahan maka bisa mempertimbangkan mengkonsumsi buah ini, namun dengan catatan tidak berlebihan. Sebab kandungan karbo berlebihan masuk ke dalam tubuh juga memberikan efek buruk terhadap kesehatan.

Oleh sebab itu inilah beberapa manfaat dirasakan, jadi tidak selamanya buah ini memiliki hal negatif walaupun tampilannya tidak semenarik buah lain. Jadi dengan mengetahui manfaat mengkonsumsi Durian maka bisa mempertimbangkan dalam mengkonsumsinya.