Cara Budidaya Durian Musang King dengan Tepat

Banyak sekali orang tidak mengetahui cara dalam budidaya durian musang king, padahal durian ini merupakan salah satu jenis banyak diincar pada saat ini. Hal ini dikarenakan dibandingkan dengan jenis lainnya maka musang king memiliki keistimewaan tersendiri.

Tidak heran jika melakukan budidaya durian jenis ini bisa mendatangkan banyak keuntungan, namun untuk melakukan budidaya tidak bisa dilakukan asal saja. Karena apabila asal dalam melakukan proses penanaman maka batang durian tidak dapat tumbuh.

Kondisi ini pastinya menyebabkan kerugian dalam jumlah besar, apalagi bukan murah harga bibit durian jenis ini. Apalagi bisnis durian tentunya sangat menjanjikan terutama untuk Anda yang tinggal di kawasan Asia Tenggara.

Sebab di kawasan tersebut maka buah ini sangat populer sekali sehingga banyak orang menyukainya, bahkan kandungan nutrisi di dalamnya juga banyak sehingga bisa memberikan efek positif terhadap kesehatan.

Oleh sebab itu apabila ingin melakukan budidaya durian musang king maka terdapat beberapa hal dasar untuk diketahui, hal ini sangat penting karena bisa membuat proses penanaman menjadi lancar sehingga memberikan banyak hasil.

Apalagi di berbagai tempat harga durian musang king dihargai dengan tinggi sehingga bisa memberikan banyak keuntungan. Dengan memperhatikan proses penanaman maka bisa menghasilkan buah berkualitas.

Dijamin buah dengan kualitas tinggi tidak membuat pembeli menjadi gentar, justru walaupun mahal mereka mau membeli. Langkah tersebut dilakukan demi merasa enaknya durian ini dimana sudah banyak dikenal oleh masyarakat.

Budidaya Durian Musang King dengan Mempersiapkan Lahan yang Tepat

Langkah awal jika ingin melakukan budidaya sudah pasti harus mempersiapkan lahan, semakin luas lahan maka semakin bagus sebab bisa menanam dalam jumlah besar. Pastinya bisa memberikan hasil banyak juga.

Tentunya tidak sembarangan lahan bisa digunakan agar tumbuhan ini dapat berkembang menjadi subur sehingga bisa memberikan pengaruh terhadap buah dihasilkan nanti. Apalagi diharapkan pohon duriaan tersebut bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Jadi nantinya hasil tersebut bisa dirasakan dalam jangka waktu lama juga, tentunya setelah mendapatkan lahan yang tepat maka pastikan bahwa bebas dari semak belukar maupun gulma yang menganggu.

Bahkan pastikan juga lahan tersebut disinar matahari dengan cukup sehingga bisa membantu proses pertumbuhan batang durian menjadi lebih maksimal. Setelah melakukan hal tersebut maka buatlah lubang dengan ukuran tepat untuk menanam bibit durian.

Langkah dalam budidaya durian musang king yang selanjutnya adalah ketika membuat lubang untuk bibit maka perhatikan jaraknya. Apabila jaraknya terlalu dekat maka bisa menyebabkan proses penyerapan nutrisi menjadi tidak merata.

Kondisi tersebut memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan pohon tersebut, serta jangan terlalu jarang sebab bisa membuat dalam satu lahan hanya bisa ditanami beberapa bibit. Jadi hasil yang didapatkan bisa jauh lebih sedikit.

Selain itu sebelum menanamnya maka ada baiknya melakukan penyuburan sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik. Proses penyuburan ini bisa dilakukan dengan mencangkul dan memberikan pupuk sesuai dengan kebutuhannya.

Melakukan Proses Penanaman di Lahan yang Tepat

Langkah dalam budidaya durian musang king ini adalah dengan menanamnya setelah mempersiapkan lahan dengan tepat. Pastikan jangan asal saja dalam proses penanaman ini sebab bisa memberikan pengaruh terhadap hasil akhir.

Jangan lupa untuk menggunakan bibit unggulan sehingga hasilnya menjadi maksimal, namun harus memperlakukan dengan tepat bibit tersebut agar tidak merugi. Walaupun menggunakan bibit unggulan sekalipun jika tidak diperlakukan dengan baik maka semuanya akan percuma.

Oleh sebab itu terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan demi menunjang kesuksesan dalam proses penanaman, beberapa hal tersebut adalah seperti di bawah ini dimana banyak sekali dilewatkan seperti:

1. Dilarang merusak batang

2. Pastikan bahwa batang dalam bentuk sempurna dimana tidak ada bagian yang patah atau tergores.

3. Sebelum menanam membuka polybag agar akar dapat tumbuh sempurna.

Langkah dalam budidaya durian musang king ini memang terlihat gampang namun jika melakukan kesalahan sedikit maka bisa memberikan hasil akhir yang mengecewakan. Jadi perlakukan bibit tersebut sebaik mungkin.

Pastinya semakin bagus bibit disertai dengan penggunaan pupuk bagus maka bisa menghasilkan durian musang king dengan kualitas bagus. Hal ini bisa mendatangkan keuntungan dalam jumlah besar.

Tidak heran jika masih banyak orang memperlakukan secara asal saja bibit milik mereka sehingga membuat hasilnya mengecewakan. Padahal keberhasilan sebuah bibit bisa dipengaruhi oleh banyak kondisi bahkan hal kecil sekalipun.

Proses Perawatan dan Pemberian Pupuk

Setelah melewati proses penanaman pada budidaya durian musang king maka bukan berarti hanya tinggal menunggu bibit tumbuh. Namun dibutuhkan usaha perawatan agar bisa tumbuh dengan baik dan sesuai keinginan.

Tetapi dibutuhkan perawatan yang dilakukan secara berkala dan sesuai dengan usia dari bibit tersebut, sebab semakin bertambah usia bibit maka perawatan yang dilakukan juga berbeda. Jangan lupa untuk memberikan pupuk sampai pohon mengeluarkan buah sekalipun.

Tentunya pemberian pupuk juga tidak ada pantangan, dimana bisa memberikan pupuk kimia maupun kandang asal sesuai dengan petunjuk. Namun terdapat beberapa hal harus diperhatikan ketika proses pemberian pupuk dilakukan.

Sebab langkah-langkah ini bisa membantu pupuk bekerja dengan maksimal, dimana sebelum memberikannya maka bersihkan lahan dari hama. Kondisi ini bertujuan agar kandungan di dalam pupuk tidak terbagi dengan hama tersebut.

Jadi semua kandungan tersebut dapat terserap oleh batang sehingga dapat tumbuh besar dalam budidaya durian musang king ini. Selain itu dalam proses budidaya bisa menggunakan teknik yang dapat mendukung pertumbuhan menjadi cepat.

Metode tersebut adalah metode menggantung, dimana nantinya bibit ditanam pada permukaan seperti gunung dimana lahan akan ditinggikan. Metode ini bisa membantu bibit tumbuh besar hanya dalam waktu singkat.

Menunggu Masa Panen Buah Durian

Langkah akhir dalam budidaya durian musang king sudah pasti menunggu masa panen setelah melakukan perawatan secara berkala. Apabila proses budidaya dilakukan secara benar maka bisa menunggu hasilnya 4 sampai 5 tahun ke depan.

Apabila pohon tumbuh terlalu tinggi maka untuk mempermudah pada saat proses panen maka bisa melakukan pemangkasan secara teratur. Dengan cara ini maka pohon bisa tumbuh dengan baik serta mudah digapai pada saat proses panen.

Selain itu sebenarnya pohon ini bisa tumbuh di dataran yang rendah namun perlu dilakukan perawatan ekstra sehingga bisa tumbuh dengan baik. Apabila tumbuh maka tidak akan mengurangi kualitasnya sehingga akan sama bagus dengan lahan di gunung.

Jadi walaupun terhitung lama bukan berarti bibit dibiarkan tumbuh begitu saja namun diperlukan perawatan secara telaten. Namun banyak orang yang tidak melakukan perawatan sebab beranggapan bibit dapat tumbuh sendiri.

Padahal dalam proses pertumbuhan tersebut pastinya ada gulma yang merupakan penyebab bibit tumbuh secara tidak maksimal. Sebab gulma akan mengambil nutrisi untuk bibit sehingga pertumbuhannya menjadi terganggu.

Oleh sebab itu inilah beberapa langkah yang akan dilewati apabila Anda menanam durian musang king. Sebab proses melakukan budidayanya gampang-gampang susah. Namun asal dilakukan secara telaten maka bisa memberikan hasil memuaskan.

Jadi dengan memperhatikan langkah budidaya durian musang king maka dijamin bisa membantu dan dapat dijadikan sebagai pegangan. Apalagi komoditas ini sangat menjanjikan sekali keuntungannya.