Tips Memilih Durian Agar Mendapatkan yang Tepat

Terdapat beberapa tips memilih durian sehingga bisa membantu Anda untuk mendapatkan yang tepat. Seperti kita ketahui bahwa durian merupakan salah satu buah yang banyak disukai oleh mayoritas masyarakat di indonesia.

Walaupun dilihat dari luar buah ini sangat menyeramkan karena memiliki duri tetapi didalamnya memiliki rasa manis. Pastinya rasa manis tersebut bisa dirasakan jika Anda mampu memilih dengan tepat.

Karena tidak semua buah durian menghasilkan rasa manis sebab hal tersebut dipengaruhi oleh tingkat kematangannya. Oleh sebab itu sangat diharapkan untuk Anda mampu memilih dengan tepat agar tidak kecewa.

Jadi terdapat beberapa tips memilih durian yang bisa Anda praktikan ketika proses pemilihan nanti. Dijamin Anda tidak akan bingung pada saat memilih nanti terutama memilih durian yang harganya mahal.

Sebab saat ini di pasaran sudah banyak sekali bermunculan berbagai macam jenis durian dari mulai yang mahal hingga yang murah. Namun apapun itu harganya sebenarnya rasanya tetap manis namun yang membedakannya adalah ketebalan daging juga.

Apalagi dengan cara ini maka Anda bisa merasakan buah durian tersebut secara maksimal. Sebab akan sangat mengecewakan sekali jika membeli durian namun hasilnya tidak sesuai dengan keinginan Anda.

Tips Memilih Durian Dengan Memilih yang Berbentuk Bulat

Salah satu langkah yang menunjukkan bahwa buah ini memiliki rasa manis dan kualitas yang bagus adalah yang bentuknya bulat sempurna. Tentunya ada alasan mengapa harus memilih yang berbentuk bulat sempurna dibandingkan lonjong.

Hal ini dikarenakan buah yang berbentuk bulat sempurna cenderung porsi dagingnya lebih banyak dibandingkan dengan yang lonjong. Apabila porsi dagingnya lebih tebal maka bisa membuat Anda maksimal dalam menikmatinya.

Terdapat alasan mengapa dalam tips memilih durian Anda harus menghindari yang bentuknya lonjong sebab app kulit buah akan memakan tempat lebih banyak dibandingkan dengan dagingnya sehingga jauh lebih kecil.

Namun jika memilih yang bentuknya bulat sempurna maka 30 sampai 40% daging memiliki tempat di dalam buah tersebut. Dijamin ketika memakannya Anda akan menjadi lebih puas sebab bisa merasakan dagingnya dalam jumlah banyak tAnda.

Jadi jangan asal memilih saja dan perhatikanlah hal-hal kecil di dalam proses pemilihan nanti apabila tidak ingin kecewa. Apalagi jika diperhatikan sebenarnya bentuk durian itu bermacam-macam bahkan ada yang yang yang bengkok di beberapa sisi.

Oleh sebab itu diharapkan untuk Anda memilih dengan teliti bahkan memperhatikan hal-hal kecil sekalipun. Karena hal kecil sekalipun bisa memberikan pengaruh terhadap kualitas dan rasa yang Anda dapatkan nanti.

Melakukan Pengecekan dari Bagian Ujung Bawah Durian

Dalam tips memilih durian maka semua konsumen diharapkan mampu mendapatkan buah yang bulat namun banyak orang yang tidak tahu seperti apa proses pemilihan dengan benar. Karena banyak orang beranggapan bahwa bentuk durian itu sama saja bentuknya.

Jadi agar bisa mendapatkan yang bentuknya bulat maka lihatlah dari bagian bawah buah durian. Selain itu dari bagian bawah ini Anda bisa melihat apakah kulit durian sudah merekah atau tidak. Apabila mereka maka hindarilah untuk membeli.

Alasannya karena sudah ada udara yang masuk ke bagian dalam buah tersebut sehingga daging tidak akan enak untuk dinikmati. Sebab ketika udara sudah masuk maka bisa memberikan pengaruh terhadap rasa dari durian tersebut.

Biasanya dagingnya akan terasa lebih hambar sehingga tidak akan terasa manis. Padahal daya tarik dari buah ini adalah manisnya. Jadi dengan mempraktikkan tips memilih durian bisa membantu Anda untuk mendapatkan yang rasanya manis juga.

Tentunya proses pemilihan ini harus dilakukan dengan teliti terutama untuk Anda yang ingin membuat makanan berasal dari durian. Sebab dengan manisnya durian tersebut Anda bisa menghemat bahan baku lainnya seperti gula.

Apalagi rasa dari durian tersebut bisa memberikan pengaruh akhir terhadap keberhasilan masakan tersebut. Jadi bisa dikatakan pada saat proses pemilihan ini sebenarnya susah-susah gampang namun dengan catatan mau memperhatikan dengan mendetail.

Memperhatikan Bagian Tangkai Buah Durian

Untuk tips memilih durian maka jangan lupa untuk memperhatikan bagian tangkai juga. Pastinya banyak orang yang bertanya mengapa bagian ini harus diperhatikan dan apakah memberikan pengaruh terhadap rasa dari duriannya.

Jawabannya adalah bagian tangkai bisa membuktikan apakah durian tersebut jatuh atau dipetik dari pohonnya. Sebab durian yang enak adalah yang jatuh langsung dari pohon bukan diambil. Karena itulah sangat penting sekali memperhatikan bagian tangkai.

Apabila Anda melihat bagian tangkainya tidak rata maka menunjukkan bahwa buah tersebut memang jatuh sendiri dari pohon. Namun berbeda jika bagian tersebut karena menunjukkan telah dipotong sebelum waktunya.

Apabila mendapatkan jenis yang belum waktunya langsung diambil maka sudah pasti belum tentu matang dan jangan berharap bisa merasakan rasa manisnya. Namun durian yang memang layak dan telah matang biasanya akan jatuh sendiri.

Dalam tips memilih durian ini maka bisa membantu untuk mendapatkan buah yang sempurna. Bahkan dengan memperhatikan bagian-bagian dari buah tersebut bisa mengetahui seberapa berkualitasnya.

Jadi dengan cara ini ketika membeli dalam jumlah banyak sekali pun maka tidak akan membuat rugi. Apalagi ketika membeli nanti seluruh buah yang didapatkan berkualitas semua sehingga tidak merugikan uang.

Perhatikan Suara yang Dikeluarkan dan Bagian Lainya dari Buah

Langkah lainnya yang harus dilakukan dalam tips memilih durian adalah dengan memperhatikan suara yang dikeluarkan dari buah tersebut. Walaupun terlihat tidak berhubungan namun hal ini bisa membantu Anda untuk mengetahui apakah sudah matang atau tidak.

Artinya ketika ingin mencicipi buah ini Anda ingin mendapatkan yang matang selain rasanya sudah manis maka daging buahnya sudah lembut. Sebab jika belum matang maka daging buah akan cenderung keras sehingga tidak dapat dikonsumsi.

Apabila buah sudah matang maka ketika ia dipukul bisa menghasilkan suara menggema di bagian dalam. Karena itulah dibutuhkan bantuan pisau untuk memukul buah durian dan kemudian dengarkan suara yang dihasilkan.

Namun apabila suara yang dihasilkan memantul keluar dan tidak mengembang di bagian dalam maka menunjukkan bahwa buah tersebut belum layak untuk dikonsumsi. Apalagi semua orang berharap bisa mendapatkan buah yang sudah matang.

Serta terdapat beberapa bagian lain di bawah ini yang harus Anda perhatikan karena bisa membantu membuktikan bahwa buah tersebut layak dikonsumsi dan dapat meyakinkan ketika dibeli nanti dibeli nanti, beberapa hal tersebut seperti:

  1. Aroma dari buah durian harus menyengat
  2. Bentuk duri haruslah panjang dan rapat
  3. Ukuran buah harus yang kecil dengan bobot sekitar 1 sampai 2 kg

Oleh sebab itu inilah beberapa bagian yang harus Anda perhatikan jika ingin mendapatkan buah dengan kualitas baik. Dijamin dengan mempraktikkan tips memilih durian ini maka Anda tidak akan kecewa bahkan pada saat membeli dalam jumlah besar. Sebab ketika mendapatkan durian yang tidak matang maka sulit untuk mengolahnya menjadi makanan enak.