Kandungan Zat Buah Durian dan Dampaknya Bagi Tubuh

Kandungan zat buah durian dapat memiliki berbagai dampak bagi kesehatan. Kandungan tersebut sangat penting untuk diketahui sebelum mulai dikonsumsi. Beberapa jenis diantaranya bahkan sangat dibutuhkan tubuh seperti serat dan vitamin. Meski mengandung beberapa zat baik, namun konsumsi berlebihan seharusnya tidak dilakukan.

Selain vitamin dan serat terdapat jenis lain yang cukup dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsi cukup memberi dampak kesehatan bagi tubuh. Bagi pecinta durian berbagai manfaat tersebut menjadi keuntungan tersendiri yang bisa secara mudah diperoleh. Terlebih dari rasanya cukup lezat dengan tekstur lembut.

Namun bagi beberapa orang, konsumsi durian harus sangat diperhatikan. Terutama pada orang dengan masalah berat badan berlebih. Durian ini berisi kalori yang cukup tinggi sehingga orang dengan kesehatan tertentu harus diperhatikan. Meski kandungan zat buah durian berfungsi penting pada tubuh, namun sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan jenis lain.

Konsumsi durian bersamaan alkohol misalnya dapat berdampak buruk pada kesehatan. Jika konsumsi dilakukan dapat mengakibatkan saluran cerna kesulitan bekerja. Efek lain seperti jantung berdebar dan mual juga bisa terjadi. Hal tersebut terjadi karena buah mengandung zat yang bisa mengganggu kinerja enzim. Itu sebabnya mengonsumsi secara bersamaan perlu dihindari.

Fakta Mengenai Kandungan Zat Buah Durian

Durian termasuk sebagai buah tropis yang sangat mudah ditemui di Indonesia. Selain memiliki rasa lezat, terdapat berbagai manfaat lain dimiliki karena nutrisinya. Meski begitu orang dengan kondisi kesehatan tertentu tetap harus waspada saat mengonsumsi buah ini. Sementara itu, beberapa senyawa yang dimiliki diantaranya:

  1. Karbohidrat

Kalori pada durian memiliki kandungan penting terutama dalam bentuk karbohidrat. Tingkat karbohidrat tinggi dapat membantu konsumennya memperoleh banyak energi. Jumlah kalori dalam satu buah sendiri dapat memenuhi kebutuhan energi orang yang mengonsumsinya. Kandungan ini sangat berguna sebagai sumber energi.

  1. Antioksidan

Selain mengandung karbohidrat, terdapat juga kandungan antioksidan yang tidak kalah penting bagi tubuh. Antioksidan ini sendiri sangat berguna untuk menangkal datangnya radikal bebas. Zat tersebut dapat memicu berbagai penyakit seperti kanker serta lainnya. Dengan keberadaan zat tersebut pada durian membantu agar badan tetap sehat.

  1. Kalium

Sumber lain yang tidak kalah tinggi sebagai kandungan zat buah durian adalah kalium. Senyawa tersebut sangat berguna utamanya pada kesehatan. Beberapa bagian seperti tulang dan otot membutuhkan senyawa satu ini. Selain itu, keberadaannya berguna mengatur peredaran agar tetap stabil dan kondisi baik.

  1. Serat

Durian juga mengandung banyak serat yang memiliki manfaat penting. Serat memiliki fungsi cukup penting terutama untuk membantu melancarkan peredaran darah. Selain itu, zat tersebut juga membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Manfaat lain dari keberadaannya yaitu berguna menurunkan kolesterol dan mencegah terjadinya berbagai penyakit.

Terdapat banyak manfaat dimiliki terutama dalam menjaga kesehatan. Namun orang dengan penderita penyakit seperti diabetes perlu memperhatikan jumlah yang dikonsumsi. Untuk penderita penyakit tersebut konsumsinya harus diperhatikan dengan baik. Hal tersebut karena durian dapat meningkatkan kadar gula. Meski mengandung beberapa bermanfaat, namun sebaiknya ibu hamil maupun menyusui menghindarinya.

Manfaat Utama yang Dimiliki Oleh Buah Durian

Berbagai kandungan zat buah durian memiliki manfaat tersendiri. Sebagai makanan cukup populer di kawasan Asian Tenggara, terdapat berbagai manfaat utamanya bagi tubuh. Dengan mengetahui berbagai manfaat tersebut membantu tubuh tetap sehat. Manfaat tersebut menjadi keistimewaan tersendiri terutama statusnya sebagai raja buah.

  1. Kaya Nutrisi

Berbagai senyawa yang terkandung pada durian membuat buah satu ini kaya akan nutrisi. Berbagai jenis nutrisi seperti vitamin, serat dan sumber antioksidan sangat berguna bagi tubuh. Bahkan jenisnya sendiri cukup beragam seperti pada vitamin. Terdapat bermacam-macam jenis vitamin yang ada dari mulai B dan E.

Selain vitamin, nutrisi lain seperti mineral juga sangat kaya. Nutrisi tersebut tidak hanya berguna membuat badan tetap sehat namun juga mencegah terjadinya penyakit. Senyawa seperti antioksidan sangat berguna mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Dimana radikal bebas tersebut dapat memberi dampak munculnya beragam penyakit.

  1. Membantu Menjaga Kadar Lemak

Keistimewaan lain dari kandungan zat buah durian yaitu untuk menyeimbangkan kadar lemak. Hal ini bisa menjadi suatu keuntungan tersendiri. Terutama jika buah dikonsumsi dalam ukuran tepat. Daging buah membantu menjaga lemak tetap seimbang. Lemak jahat juga dapat dicegah dengan mengonsumsi dalam jumlah tepat.

  1. Kadar Kolesterol Rendah

Keistimewaan lain yang dimiliki oleh buah satu ini yaitu kandungan kolesterolanya rendah. Meski jumlahnya cukup rendah namun konsumsi pada beberapa jenis penderita perlu mendapat perhatian. Mengonsumsi buah dalam jumlah terlalu banyak sebaiknya dihindari karena mengandung kalori cukup tinggi. Konsumen dengan penyakit tertentu perlu memperhatikan jumlah yang dikonsumsi.

  1. Memiliki Kadar Gula yang Tinggi

Kandungan zat buah durian memiliki kalori tinggi yang dapat meningkatkan kadar gula. Terlebih jika kalori tersebut tidak diubah menjadi energi. Tingginya kadar gula tersebut menjadi hal yang penting bagi penderita diabetes untuk waspadai. Sebab mengonsumsi secara berlebihan dapat memberikan dampak buruk bagi penderita penyakit tersebut.

Durian mengandung berbagai unsur nutrisi yang baik untuk tubuh. Namun untuk konsumsinya tetap harus diperhatikan terutama bagi penderita penyakit tertentu. Hal ini sendiri tidak hanya berlaku pada buah durian tapi juga jenis makanan lainnya. Konsumsi berlebihan meski mengandung nutrisi baik tetap dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Berbagai Dampak Buruk Konsumsi Durian

Kandungan zat buah durian tidak hanya memberi dampak baik, namun ada juga beberapa yang buruk. Beberapa dampak tersebut menyerang pada orang-orang dengan penyakit tertentu dan menyebabkan masalah lainnya. Berikut beberapa dampak buruk mengonsumsi buah secara berlebihan bagi kesehatan:

  1. Menyebabkan Kegemukan

Karena kandungan kalorinya cukup tinggi, durian dapat secara mudah menyebabkan kegemukan jika dikonsumsi terlalu berlebihan. Jumlah kalori dalam satu buah sudah hampir memenuhi kebutuhan energi orang dewasa. Jika konsumsi dilakukan secara berlebihan tanpa diimbangi gaya hidup sehat dapat menyebabkan berbagai masalah seperti obesitas.

  1. Berbahaya Jika Dikonsumsi Bersama Alkohol

Buah yang satu ini selain tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, mengonsumsinya bersama dengan alkohol juga perlu dihindari. Alkohol yang dikonsumsi bersamaan dengan durian sebaiknya dihindari karena dapat berbahaya bagi kesehatan. Kandungan pada buah berpengaruh pada proses pemecahan alkohol. Itu sebabnya mengonsumsi buah bersamaan dengan alkohol harus dihindari.

  1. Meningkatkan Gula dalam Darah

Dampak lain yang disebabkan karena mengonsumsi secara berlebihan yaitu peningkatan kadar gula. Hal ini sebaiknya dihindari utamanya bagi penderita diabetes. Jika konsumsi terus dilakukan dapat memperburuk kondisi pasien diabetes. Bagi penderita diabetes, sebaiknya mengonsumsi obat terlebih dahulu sebelum makan durian.

  1. Menimbulkan Masalah Pencernaan

Konsumsi durian secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah lain terutama pada sistem pencernaan. Saat konsumsi terlalu berlebihan dapat menimbulkan berbagai efek seperti sakit menjadi kembung dan sakit. Itu sebabnya konsumsi berlebihan sebaiknya dihindari karena tidak baik bagi kesehatan.

Durian adalah buah dengan cita rasa khas dan banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Selain mengetahui jenis serta cita rasa yang dimiliki, ada baiknya juga bagi Anda mengetahui kandungan serta dampak dari buah. Kandungan zat buah durian sangat penting dan berguna untuk diketahui, terutama dalam kaitannya dengan kesehatan.