Durian Musang King dari Mana Menjadi Hal Penting Diketahui

Durian musang king dari mana menjadi hal menarik untuk diketahui. Terlebih makanan satu ini memiliki banyak penggemar. Tidak hanya populer di Indonesia, buah ini juga cukup terkenal di beberapa negara lain seperti Malaysia dan Singapura. Tepatnya musang king berasal dari Malaysia sebagai salah satu produk unggul.

Selain rasanya yang enak, ada beberapa hal lain menjadi keistimewaan. Beberapa keistimewaan tersebut diantaranya yaitu rasa daging yang manis dengan ukuran cukup tebal. Bahkan popularitasnya mengalahkan produk unggulan lain seperti jenis montong yang berasal dari Thailand. Di negara asalnya, jenis ini disebut raja kucing.

Di Malaysia sendiri terdapat kawasan yang menjadi area tanam dengan hasil buah berkualitas. Ciri paling khas diantaranya berupa warna serta rasa manis. Umumnya daging musang king berwarna kuning cukup pekat. Selain manis, terdapat juga rasa pahit dengan daging lembut. Sementara untuk bijinya sendiri memiliki ukuran cukup kecil.

Durian musang king dari mana menjadi sebuah produk unggulan yang telah didaftarkan dengan nama raja kunyit. Karena warna kuningnya yang pekat dan menyerupai seperti kunyit membuat buah diberi nama tersebut. Musang king sendiri berasal dari nama daerah dimana buah ini banyak tumbuh.

Durian Musang King dari Mana Dapat Dilihat Berdasarkan Asal Usulnya

Jika Anda penggemar makanan satu ini maka tidak cukup hanya mengetahui rasanya. Asal usul buah yang disebut sebagai raja juga perlu untuk diketahui. Jenis ini memiliki ciri khas tersendiri terutama dalam hal rasa dan ukuran. Musang king menjadi buah yang cukup langka dengan harga mahal masih terbatas.

Harga mahalnya sebanding dengan kualitas yang diperoleh. Dengan tekstur lembut dan rasa lezat, harga tersebut menjadi sebanding. Selain penting mengetahui asal usul durian, ciri fisik juga perlu diketahui. Mengetahui ciri tersebut sangat penting terutama saat membeli. Buah tersebut pertama kali muncul sekitar tahun 1990.

Dikenal sebagai raja kucing, terdapat keunggulan yang dimiliki terutama soal rasa. Pada awalnya musang king diberi nama dengan raja kunyit karena warnanya. Sebagai buah yang berasal dari Malaysia terdapat daerah penghasil. Buah yang dihasilkan juga terbilang cukup berkualitas dengan warna kuning serta biji tipis.

Menariknya, sebagian besar buah berupa daging yang bisa dikonsumsi. Nama musang king sendiri berasal dari tempat durian dihasilkan. Karena memiliki rasa yang enak dan ukuran besar, tidak membutuhkan waktu lama bagi musang king untuk populer. Hal tersebut membuat banyak orang mulai melakukan pembibitan buah satu ini.

Durian Musang King dari Mana Sudah Bisa Dikembangkan di Indonesia

Sebagai buah dengan banyak kelebihan terutama tekstur dan rasa membuat durian banyak dikembangkan. Warna kuning pekat yang dimiliki menjadi ciri khas tersendiri. Selain bertekstur lembut dan manis, jenisnya juga tidak memiliki serat terlalu banyak. Meski dominan dengan rasa manis, namun ada juga sedikit pahit.

Karena berbagai keunggulan yang dimiliki, kegiatan budidaya durian musang king mulai banyak dilakukan. Budidaya tersebut juga sudah dilakukan di Indonesia. Indonesia sendiri menjadi lokasi budidaya dengan kondisi yang tidak berbeda jauh dari Malaysia. Berikut tahap awal proses budidaya secara tepat:

  1. Menyiapkan Lahan

Memahami durian musang king dari mana membantu menyiapkan lahan. Menyiapkan lahan menjadi tahap awal dan utama dalam proses budidaya varietas ini. Persiapan lahan sendiri dapat meliputi berbagai hal termasuk pembersihan. Lahan sebaiknya bebas dari gulma serta tanaman mengganggu lain. Ini karena pohon durian membutuhkan banyak nutrisi untuk makanan.

Keberadaan tanaman liar tersebut dapat mengganggu pertumbuhan durian dengan mengambil nutrisi yang dibutuhkan. Hal lain yang bisa mengganggu datangnya cahaya juga sebaiknya disingkirkan agar pohon dapat tumbuh dengan baik. Sinar matahari menjadi faktor cukup penting dalam pertumbuhan durian terutama jenis musang king.

  1. Memilih Bibit yang Cocok

Mengetahui durian musang king dari mana bisa menjadi asa bibit yang tepat. Pemilihan bibit adalah hal penting karena berpengaruh pada keberhasilan proses budidaya. Pemilihan bibit sebaiknya dari metode cangkok agar sifat unggul dari induk bisa diturunkan. Selain memilih secara tepat, perawatannya juga harus menjadi perhatian utama.

Bibit durian musang king sebaiknya tidak diletakkan pada tempat dengan intensitas matahari tinggi. Itu dilakukan untuk menghindari daun menjadi layu. Penempatan tepat yaitu pada tempat teduh karena bibit dalam kondisi belum terlalu kuat. Selain itu, lokasi tepat dapat membantu pertumbuhan pohon menjadi lebih baik.

  1. Media Tanam

Menanam bibit durian membutuhkan media yang tepat. Media tersebut dapat berupa kondisi tanah hingga pemilihan pupuk. Pemilihan pupuk tersebut cukup penting karena berkaitan dengan tahap penanaman. Penggunaan pupuk kandang menjadi media tanam yang sangat baik terutama jika jenisnya sudah hasil fermentasi.

Durian Musang King dari Mana Berdasarkan Proses Budidaya

Meski durian musang king berasal dari Malaysia, namun bukan berarti tanaman satu ini tidak bisa dibudidayakan di Indonesia. Kegiatan budidaya buah tersebut juga tidak terlalu sulit. Selain tahapan persiapan, proses menanam jadi hal yang penting untuk diperhatikan jika ingin memperoleh hasil secara maksimal.

  1. Tahap Menanam

Dalam kegiatan budidaya, tahap menanam menjadi bagian paling penting. Tahap ini menjadi penentu dari keberhasilan produk yang dihasilkan. Pada tahapan ini, jarak antar pohon serta kedalaman tanah sangat penting untuk diperhatikan. Kegiatan menanam juga harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak berakibat merusak bibit.

  1. Perawatan

Mengetahui durian musang king dari mana juga membantu dalam tahap perawatan. Jumlah air yang diberikan juga harus diperhatikan. Sebaiknya tidak terlalu banyak atau sedikit. Terutama pada musim kemarau karena sangat berpengaruh pada kesegaran bibit. Selain itu, pemupukan juga menjadi bagian dari tahap perawatan.

  1. Penyulaman dan Pemangkasan

Tahap dalam budidaya lain yaitu penyulaman serta pemangkasan. Tahapan tersebut penting karena berpengaruh terhadap kebersihan proses tanam. Penyulaman sendiri dilakukan dengan tujuan mencegah pohon mati. Sementara pemangkasan bertujuan agar proses pembuahan menjadi lebih maksimal. Kedua proses tersebut terbilang penting dalam budidaya musang king.

Ciri Khas dari Durian Musang King

Selain mengetahui durian musang king dari mana, sangat penting mengetahui ciri khas dari buah tersebut. Dibanding jenis lain terdapat beberapa ciri khas cukup mencolok terutama dalam hal biji dan tekstur daging. Warna dari buah juga cenderung tajam saat sudah matang. Hal tersebut menjadi beberapa ciri yang dimiliki.

Ciri khusus dari buah dan membuatnya sangat populer yaitu rasa manis legit. Selain itu, semburat pada daging yang membuatnya sedikit pahit juga menjadi daya tarik tersendiri. Ciri lain yang dimiliki berupa tekstur dan kepadatan dari daging. Berbagai perpaduan tersebut kemudian menciptakan cita rasa cukup unik dan banyak disukai orang.

Rasa unik tersebut membedakan durian musang king dengan jenis lain. Perbedaan tersebut juga menjadi penyebab harga varietas ini lebih mahal dibanding lainnya. Sebagai bagian dari varietas import, belum banyak kegiatan budidaya jenis ini di Indonesia. Hal itu menjadi alasan lain varietas memiliki harga cukup mahal di Indonesia.

Musang king menjadi jenis buah unggulan dan terbaik. Cita rasa unik yang dimiliki menjadi daya tarik dari buah dengan julukan raja durian ini. Sebagai salah satu varietas unggul, tidak salah jika banyak orang menyukainya dan ingin melakukan budidaya. Dengan mengetahui durian musang king dari mana membantu memperoleh bibitnya.