Mengenal Durian Bawor yang Terkenal Unggul dari Banyumas

Durian bawor merupakan perpaduan antara jenis lokal dan montong. Perpaduan tersebut menciptakan rasa manis dengan sedikit rasa pahit sehingga sangat disukai. Buah ini sendiri berasal dari Banyumas dan menjadi produk lokal yang khas. Bagi pecinta durian, buah ini memiliki kelebihan tersendiri sehingga banyak diminati.

Bagi penggemar buah, perpaduan tersebut menjadi jenis sangat disukai. Terlebih jenisnya menjadi salah satu produk lokal diunggulkan. Perpaduan tersebut berdasarkan pemilihan buah jenis yang unggul sehingga mutu dihasilkan berkualitas. Sebagai kombinasi dari berbagai unggulan tentu rasa dimiliki sangat nikmat.

Keunggulan dari bawor semakin bertambah dengan daging cukup tebal dan manis. Biji buah juga terbilang kecil sehingga membuat Anda dapat menikmatnya dengan lebih baik. Dari segi ukuran, bawor juga terbilang cukup besar dengan cita rasa manis khas lokal dan sedikit pahit.

Pada awalnya, pengembangan durian bawor dilakukan dengan memadukan jenis lokal serta import. Dalam penggabungan tersebut digunakan teknik okulasi agar dapat menghasilkan produk yang unggul. Penggabungan tersebut sendiri memakan waktu cukup lama agar menghasilkan varietas terbaik. Varietas ini bahkan mendapat julukan sebagai montong khas Indonesia.

Beberapa Keunggulan Dibanding Varietas Lain

Sebagai produk unggulan lokal, terdapat beberapa keunggulan dimiliki oleh buah satu ini. Terutama dalam cita rasa serta beberapa hal lainnya seperti tekstur dan ukuran. Dengan berbagai kelebihan tersebut membuat varietas ini menjadi produk lokal yang unggul. Sebab ukurannya yang besar, membuatnya memiliki beberapa kemiripan dengan jenis montong.

Hal lain diunggulkan yaitu dari segi tekstur buah. Daging durian bawor memiliki ukuran cukup  tebal dengan biji yang cukup kecil. Terdapat rasa sedikit pahit khas jenis lokal yang banyak disukai pecinta buah. Rasa pahit tersebut berasal dari kandungan alkohol di dalam durian.

Selain berukuran cukup besar dengan rasa pahit, keunggulan lain yang dimiliki yaitu tekstur buah padat sehingga lebih nikmat. Selain soal tekstur dan rasa, terdapat berbagai keunggulan lain terutama dalam hal penanaman. Umumnya, buah ini memiliki masa panen yang lebih singkat jika dibanding jenis lain sehingga lebih menguntungkan.

Buah yang dihasilkan dengan masa panen cukup cepat tersebut juga terbilang banyak. Hal tersebut membuat durian ini menjadi jenis yang sangat produktif. Dengan ukuran lebih besar dibanding jenis lainnya membuat bawor menjadi produk unggulan yang menguntungkan. Bahkan ukuran buahnya dapat mencapai berat hingga 15 kilogram.

Budidaya Durian Bawor Sebagai Produk Unggulan

Cara tanam durian ini cukup mudah karena seperti jenis lain pada umumnya. Sebagai varietas hasil perpaduan dengan produk lokal, tanaman ini tentunya cukup mudah ditanam di Indonesia. Untuk menanamnya, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama mengenai kesuburan tanah dan ketinggian. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan jika ingin membudidayakannya.

1.      Lokasi Tanam Sesuai

Sebagai varietas hasil perpaduan dengan produk lokal, durian membutuhkan lokasi tanam yang tepat utamanya dalam suhu dan jenis tanah. Paling utama yaitu memperhatikan lokasi budidaya agar menghasilkan produk menguntungkan. Metode budidaya yang tepat yaitu dengan ditanam pada ketinggian kurang dari 800 m dari permukaan laut.

Untuk batas minimum ketinggian yaitu sekitar 200 m dpl. Dengan penetapan batas ketinggian tersebut membuat durian bawor dapat ditanam dan produktif. Selain ketinggian jenis tanah juga perlu menjadi perhatian. Sebab pohon dapat tumbuh dengan menggunakan jenis berpasir dan lempung. Pada tanah juga harus terdapat kandungan organik dengan PH basa.

2.      Pemilihan Bibit Secara Tepat

Saat melakukan budidaya, bibit yang digunakan menjadi hal penting. Penentuan bibit dapat memberikan hasil secara maksimal. Jenis yang dipilih sendiri sebaiknya hasil cangkok. Tujuan dari pemilihannya yaitu agar memperoleh varietas sama dengan induknya. Selain itu, metode perawatan juga tidak berbeda terlalu jauh.

Saat dalam tahap penanaman, bibit perlu disiram dengan sangat hati-hati. Penyiraman secara tepat dapat membuat tanaman tumbuh dengan baik. Penyiraman secara tepat dilakukan dengan membasahi bagian akar. Musim tanam paling tepat yaitu pada awal musim hujan sehingga bibit dapat tumbuh baik.

3.      Proses Pemupukan

Durian bawor juga membutuhkan proses pemupukan secara tepat. Proses ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena dapat mempengaruhi hasil serta kualitas. Pemberiannya sendiri harus disesuaikan berdasarkan umur dari pohon dengan dosis tertentu. Pemberian pupuk secara berlebih dapat mengakibatkan pohon malah mati.

Melihat Keuntungan Bisnis Durian Jenis Bawor

Sebagai produk lokal unggulan, terdapat keuntungan dari penanamannya. Prospek tersebut bisa dilihat dari nilai jual buah cukup tinggi. Hal tersebut sejalan dengan permintaannya yang juga cukup tinggi sehingga menjadi potensi bisnis yang sangat menguntungkan. Modal untuk yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak.

Buah dapat ditanam pada lahan tidak terlalu luas. Dengan penggunaan lahan yang tidak terlalu luas, potensi bisnis dari buah durian menjadi lebih menguntungkan. Dengan melakukan perawatan secara optimal, potensi bisnis bisa menjadi lebih besar. Dengan besarnya potensi yang dimiliki, pemilihan bibit durian menjadi suatu hal penting.

Keuntungan bisnis dari buah ini juga bisa dilihat dari berbagai keunggulan dimiliki. Terutama dalam hal cita rasa dan tekstur dari buah sehingga menjadikannya produk unggulan. Dari segi aroma maupun ukuran juga tidak kalah dari jenis lain. Hal tersebut membuat durian bawor menjadi buah dengan prospek yang menguntungkan.

Hal lain yang membuat durian tersebut memiliki prospek menguntungkan yaitu dalam kemudahan budidaya. Sebab jenisnya merupakan penggabungan dari produk lokal dan import, proses tanamnya cukup mudah. Dengan berbagai keunggulan tersebut menjadi prospek bisnis sangat menguntungkan dan buah memiliki ukuran cukup besar.

Mengenal Durian Bawor Sebagai Produk Lokal

Sebagai produk unggulan, buah ini sangat menguntungkan jika dibudidayakan. Selain itu, terdapat berbagai keistimewaan menarik lain dari buah tersebut. Ukuran buah cukup besar menjadi keistimewaan paling utama karena dapat dinikmati dengan lebih puas. Berat rata-ratanya sendiri berkisar antara 4-5 kilogram.

Dari segi pohon, buah tersebut memiliki ciri khas tersendiri. Salah satunya yaitu memiliki akar yang kuat dan pohon kokoh. Pada usia 4-5 tahun, pohon bawor sudah bisa berbuah. Sementara untuk ukuran saat berbuah yaitu sekitar 2 sampai 3 meter. Hal ini membuat pohon tidak terlalu tinggi saat berbuah.

Pohon yang tidak terlalu tinggi saat berbuah memudahkan dalam proses panen. Untuk bentuk dari akar pohon yaitu  berupa bakau yang berguna mempercepat pertumbuhan. Jenis akar tersebut unggul dalam hal penyimpanan makanan. Dengan begitu pohon memiliki lebih banyak nutrisi untuk dijadikan sebagai cadangan makanan.

Kokohnya bentuk pohon dan akar dari varietas juga memungkinkan tanaman tahan terhadap cuaca. Selain itu, dengan banyaknya cadangan nutrisi yang dimiliki membuat kualitas buah menjadi cukup tinggi. Selain cadangan nutrisi, simpanan air dalam pohon juga cukup bahkan dapat digunakan untuk bertahan saat musim kemarau.

Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki banyak jenis buah. Termasuk salah satunya yaitu durian jenis bawor sebagai hasil persilangan antara produk lokal dan import. Perpaduan tersebut menghasilkan buah yang unggul dari segi rasa maupun ukuran sehingga menjadi prospek bisnis menguntungkan. Durian bawor telah menjadi produk lokal yang memiliki banyak keistimewaan.