Durian Montong Jogja, Sebagai Jenis yang Cukup Populer

Varian durian montong Jogja cukup populer karena cita rasa serta ciri khas yang dimiliki. Jenis ini banyak difavoritkan oleh masyarakat Indonesia. Sebagai buah dengan cita rasa dan aroma khas, jenisnya menjadi hanya dapat dengan mudah ditemui di daerah tertentu.

Jenis montong ini dikenal sebagai raja dari durian yang bisa ditemui di negara tropis. Meski harganya cukup mahal dibanding jenis lain namun sangat disukai oleh banyak orang. Bagi pecinta durian, buah ini memiliki keistimewaan tersendiri. Rasa lezat yang dimiliki dan ukurannya besar menjadi keistimewaan.

Sebagai raja buah, durian ini memiliki berat antara 4 sampai 6 kilogram. Selain memiliki ukuran cukup besar, rasanya juga sangat lezat dengan daging tebal. Selain teksturnya yang padat, durian montong Jogja memiliki biji berukuran cukup kecil. Aroma yang dimiliki juga tidak terlalu menyengat sehingga lebih nyaman saat dikonsumsi.

Daya tarik lain berupa rasa manis serta legit membuat buah menjadi favorit banyak orang. Durian montong merupakan varian yang berasal dari Thailand sebagai salah satu komoditas unggul. Namun bibit aslinya diperkirakan berasal dari Indonesia. Varian ini kemudian menjadi unggulan mengalahkan jenis lainnya dari Indonesia.

Keuntungan Utama dari Durian Montong Jogja

Terdapat beberapa keunggulan dimiliki sebagai raja buah terutama dalam hal rasa dan ukuran. Ukurannya yang besar menjadi keunggulan tersendiri sebab dagingnya menjadi lebih tebal. Dengan rasa manis yang dimiliki namun aroma tidak terlalu menyengat menjadi keunggulan lainnya. Selain itu, terdapat berbagai keunggulan lain dari buah.

  1. Memiliki Tingkat Adaptasi Tinggi

Salah satu keunggulan yang dimiliki adalah kemampuan adaptasi cukup tinggi. Adaptasi tersebut berkaitan dengan lingkungan tumbuh. Sebab lingkungan tumbuhnya cukup cocok dengan yang dengan iklim Indonesia. Proses budidaya buah cukup mudah untuk dilakukan bahkan jika ingin melakukannya dalam skala besar. Metode perawatan yang dibutuhkan juga cukup mudah.

  1. Perawatan yang Mudah

Setelah proses tanam, panen membutuhkan waktu sekitar 4 sampai 5 tahun. Pembibitan yang dapat dilakukan yaitu melalui cangkok maupun okulasi. Dengan cara demikian proses pembibitan jadi lebih mudah dilakukan. Sebagai tanaman khas Asia Tenggara, mudahnya kegiatan budaya buah ini menjadi keuntungan tersendiri.

  1. Potensi Menguntungkan Untuk Kegiatan Budidaya

Keuntungan lain yaitu berupa prospek budidaya yang menguntungkan. Sebab metode tanam cukup mudah dengan hasil banyak digemari. Meski harga jual dari durian montong Jogja cukup tinggi dibanding jenis lokal namun masih sangat diminati. Peluang bisnis menjadi lebih besar dengan kemampuan adaptasi dari pohon.

Cita Rasa Menarik dari Durian Montong

Banyak hal menarik dimiliki terutama pada cita rasa dari buah menjadi keunggulan tersendiri. Jenis montong mempunyai rasa cenderung manis serta tidak banyak lemak. Hal tersebut membuat rasa pahitnya tidak terlalu kuat sehingga lebih nikmat saat dikonsumsi. Rasa manis tersebut banyak disukai oleh penggemar makanan ini.

Rasanya juga berbeda dengan jenis lokal sehingga menjadi keistimewaan tersendiri. Dengan rasa cenderung tidak terlalu pahit, menjadi tanda kandungan alkohol lebih rendah. Rasa pahit dari durian sendiri berasal dari kandungan alkohol yang dimiliki. Meski rasanya lebih manis dibanding jenis lokal, namun pemilihannya tersendiri berdasarkan selera tiap orang.

Durian montong Jogja digemari terutama karena cita rasa yang dimiliki. Terdapat beragam jenis durian dimiliki oleh Indonesia dan menarik untuk dinikmati. Rasa dari produk lokal juga tidak kalah dari jenis impor seperti durian montong. Namun dalam pemilihan, durian montong masih menjadi pilihan banyak pecinta buah tersebut.

Konsumsinya semakin menarik dengan daging yang tebal serta padat. Hal tersebut menjadi kelebihan tersendiri. Penikmat durian dapat menikmati dengan lebih puas karena ukuran bijinya cukup kecil. Jika dibanding jenis lokal, biji montong cenderung kempis. Tidak heran jika banyak orang bersedia mengeluarkan uang lebih saat memutuskan membeli buah ini.

Syarat Menanam Durian Montong Jogja Secara Tepat

Jika Anda ingin melakukan budidaya varietas ini terdapat beberapa cara dapat dilakukan. Meski mempunyai metode tanam cukup mudah namun terdapat beberapa syarat harus dipenuhi. Dengan memenuhi persyaratan tersebut membuat proses tanam dapat menghasilkan buah seperti harapan. Persyaratan tersebut diantaranya yaitu:

  1. Keadaan Tanah untuk Menanam

Pemilihan tanah yang subur membantu proses pertumbuhan menjadi lebih baik dan cepat. Itu sebabnya pemilihan lokasi tanam sangat penting untuk dilakukan. Pemilihan lahan perlu memperhatikan nutrisi yang terkandung serta tingkat keasaman. Kisaran ph tanah sebaiknya berada antara 6-7 agar bisa tumbuh baik.

Pemilihan tanah secara tepat membantu tanaman memiliki akar cukup kuat. Dengan sistem perakaran kuat, dampak buruk dari perubahan iklim dapat dicegah. Hal tersebut sangat berdampak baik bagi tumbuhan karena waktu agar bisa panen cukup lama.

  1. Air dalam Jumlah Cukup

Persyaratan lain yang dibutuhkan yaitu pemberian air pada tumbuhan. Pemilihan area tanam sebaiknya diperhatikan terutama dalam hal intensitas hujan. Curah hujan menjadi cukup penting terutama untuk pertumbuhan bibit durian montong Jogja. Indonesia sendiri menjadi kawasan yang cukup strategis untuk menanam varietas ini.

Pertumbuhan buah cukup baik di Indonesia karena memiliki curah hujan cukup. Selain itu, pohon juga cukup tahan terhadap musim kemarau. Keberadaan musim kemarau tersebut dapat membantu menghasilkan bunga yang nantinya akan menjadi buah. Itu sebabnya curah hujan menjadi syarat cukup penting dalam menanam.

  1. Pemilihan Bibit Unggul

Syarat budidaya lainnya yaitu berupa pemilihan bibit. Pemilihan harus dilakukan secara tepat mengingat pentingnya bibit yang digunakan. Pemilihan bibit sendiri berpengaruh terhadap kualitas yang dihasilkan. Cara paling tepat untuk memperoleh bibit berkualitas yaitu dengan melakukan perbanyakan. Perbanyakan dapat dilakukan melalui metode cangkok.

Selain cangkok terdapat berbagai metode perbanyakan lain bisa dilakukan. Salah satunya yaitu dengan penaburan biji. Namun kekurangan dari metode ini yaitu masa tanam dan panen cukup lama. Sementara keuntungannya berupa umur tanaman menjadi lebih lama dibandingkan sistem cangkok.

Manfaat dan Kandungan Nutrisi pada Durian Montong Jogja

Selain cita rasa khas, terdapat berbagai manfaat hingga efek diperoleh dari makanan satu ini. Banyak manfaat dari konsumsinya salah satunya yaitu sebagai sumber energi. Manfaat ini menjadi sangat menguntungkan utamanya bagi orang dengan banyak kegiatan fisik seperti olahragawan. Kandungan lemak cukup tinggi menjadi sumber energi utama.

Namun konsumsi berlebihan terutama bagi konsumen dengan aktivitas fisik tidak banyak dapat memberi efek buruk. Dampak buruk tersebut sangat berpengaruh bagi kesehatan. Manfaat lain yaitu sebagai antioksidan dan sumber vitamin khususnya B. Kandungan serat di dalamnya berfungsi sebagai antioksidan.

Kandungan tersebut terbukti mampu membantu sistem imun di dalam tubuh. Namun jumlah dari konsumsinya harus sangat diperhatikan. Kandungan lain seperti vitamin juga cukup dibutuhkan tubuh dan dapat diperoleh dari konsumsi durian montong Jogja. Berbagai manfaat bisa didapat dengan konsumsi durian dalam jumlah cukup.

Konsumsi durian juga berdampak baik utamanya pada pencernaan. Dengan banyaknya serat yang dimiliki berdampak pada proses pencernaan menjadi baik. Selain itu, serat juga berfungsi untuk banyak hal lain terutama dalam kesehatan. Sehingga konsumsi durian berdampak baik bagi kesehatan jika dalam jumlah cukup.

Meski merupakan varietas import, namun durian montong juga bisa dibudidayakan di Indonesia. Selain proses budidaya mudah, terdapat berbagai keistimewaan dimiliki. Untuk melakukan budidaya dibutuhkan metode serta persyaratan secara tepat. Durian montong Jogja menjadi salah satu varietas unggul dengan banyak manfaat.