Manfaat Buah Durian dan Cara Mengkonsumsinya Dengan Aman

Walaupun menjadi salah satu makanan yang dihindari tetapi ternyata ada banyak manfaat buah durian dimana tidak diketahui oleh banyak orang. Seperti yang telah diketahui, Durian sendiri memang menjadi salah satu primadona buah bahkan disebut juga dengan King of Fruit. Hal tersebut juga disebabkan karena penggemarnya cukup tinggi di Indonesia.

Buah ini sendiri merupakan tumbuhan tropis dimana berasal dari kawasan Asia Tenggara. Buanya memiliki ciri khas dimana kulitnya sangat keras dilengkapi dengan duri-duri tajam di semua permukaannya. Walaupun menjadi salah satu buah dimana memiliki banyak penggemar tetapi tidak sedikit orang ternyata kurang menyukainya karena aromanya terlalu menyengat.

Di Indonesia, tanaman satu ini ternyata dapat tumbuh dengan baik dan optimal di  kawasan tropis dengan ketinggian maksimal 800 mdpl dan memiliki curah hujan rata-rata kurang dari 1500 mm. Walaupun terdapat durian dimana dapat tumbuh di kawasan  dataran tinggi tetapi ternyata tidak begitu optimal. Adapun musim buahnya terdapat dapat terjadi setelah musim kemarau yang berkepanjangan.

Agar dapat tumbuh secara optimal, syarat lainnya adalah tanaman ini pun juga membutuhkan tanah yang dalam, ringan dan mempunyai drainase cukup bagus. Selain itu, proses pemupukan dibutuhkan agar pohonnya dapat tumbuh maksimal dan bisa menghasilkan buah dengan kualitas yang tinggi.  jika anda tertarik buat membudidayakannya, pastikan mengetahui bagaimana cara menanamnya dengan baik dan benar.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, anda sendiri  ternyata bisa menemukan banyak manfaat buah durian didalamnya. Hal tersebut ternyata disebabkan karena sejumlah kandungan penting  didalam durian  seperti adanya  kandungan  karbohidrat dimana dapat dijadikan sebagai sumber energy.

Manfaat buah durian yang Jarang Diketahui

  • Sebagai sumber energy untuk tubuh

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, manfaat buah durian pertama adalah dapat menjadi sumber energy untuk tubuh. Hal tersebut karena didalamnya ternyata terdapat kandungan berupa karbohidrat. Bahkan didalamnya 1 buah, anda bisa menemukan 100 gram kandungan karbohidrat.

Dengan begitu, maka buah ini dapat membantu mengisi kembali energy didalam tubuh. Adapun karbohidrat sendiri ternyata sangat bermanfaat ketika berolahraga maupun untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Untuk Anda yang ingin melakukan aktivitas fisik, duren dapat menjadi camilan terbaik.

  • Dapat menguatkan tulang

Kendati dikenal sebagai buah dengan aroma tajam, tetapi siapa sangka ternyata durian mengandungan kalsium, vitamin B dan kalium dimana sangat dibutuhkan oleh tulang dan gigi. Seperti yang telah anda ketahui, kalsium sendiri memang menjadi salah satu kandungan cukup penting demi menjaga kesehatan tulang.

Dengan mendapatkan asupan nutrisi kalsium cukup itulah maka bisa menghindarkan diri anda dari berbagai macam penyakit tulang rapuh atau osteoporosis hingga pengapuran tulang tulang terutama apabila usia sudah lanjut.

  • Dapat berperan sebagai anti-depresi alami

Adapun manfaat buah durian lainnya adalah memiliki peran sebagai anti-depresi alami. Ini disebabkan karena didalamnya terdapat kandungan berupa vitamin B6 dimana sangat penting untuk memproduksi serotonin. Kadar serotonin rendah didalam tubuh ternyata dapat menyebabkan adanya depresi.

Untuk mencegah depresi tersebut maka  bisa langsung mengkonsumsi duren. Hal tersebut disebabkan karena buah ini memiliki kandungan berupa triptofan dimana mampu menginduksi perasaan agar lebih relaks dan bahagia.

Manfaat durian lainnya yang jarang diketahui

  1. Membantu melancarkan sistem pencernaan

Memiliki gangguan pada sistem pencernaan memang menjadi salah satu kondisi dimana akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Agar terhindar dari masalah pencernaan, anda bisa langsung memakan buah ini. Mengingat kandungan seratnya cukup tinggi sehingga dapat mencegah adanya sembelit dan masala diare. Dengan kandungan thiamin dan niasin dapat meningkatkan selera makan.

  • Dapat membantu untuk mencegah adanya penuaan dini

Manfaat buah durian lainnya adalah dapat membantu untuk mencegah adanya proses penuaan dini. Didalamnya  sendiri ternyata memiliki kandungan berupa vitamin C dimana  vitamin C sendiri dapat berperan sebagai antioksidan cukup kuat sehingga dapat menghindarkan diri anda dari adanya radikal bebas.

Semakin rendah tingkat stress secara oksidatif yang diderita oleh seseorang maka semakin lambat terjadinya proses penuaan dini. Dengan 2 biji buah duren saja,  ternyata sudah memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi.

  • Dapat membuat tekanan darah stabil

Buah satu inipun ternyata juga dapat menjadi  sumber potassium yang baik dimana dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kadar natrium tubuh agar tetap utuh. Dengan mengkonsumsi buah ini secara rutin maka Anda bisa terhindar dari hipertensi. Mengingat didalamnya terdapat kandungan kalium dimana berfungsi untuk menjaga keseimbangan garam maupun cairan tubuh.

  • Dapat mencegah adanya anemia

Manfaat buah durian berikutnya adalah dapat mencegah adanya anemia terjadi. Hal ini disebabkan karena didalam durian ternyata terdapat mineral maupun asam folat dengan kadar tinggi. Dimana ini menjadi komponen cukup penting dimana akan membantu untuk menurunkan sel darah merah.

Cara aman untuk mengkonsumsi buah durian

Sudah tahu bukan apa sajakah manfaat buah durian tersebut? walaupun duren terkenal sebagai salah satu buah dengan kelezatan yang tidak bisa ditolak, tetapi sepertinya Anda harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya. Mengkonsumsi secara berlebihan ternyata dapat menimbulkan sejumlah efek samping pada kesehatanmu. Berikut beberapa cara aman ketika mengkonsumsinya.

  • Cobalah melihat kematangannya terlebih dahulu

Supaya bisa aman ketika mengkonsumsi, sebaiknya perhatikan dahulu bagaimana tingkat kematangan didalamnya.  Dengan memilih tingkat kematangan yang tepat maka dapat mengontrol jumla gula dalam tubuh. Hindari buah terlalu matang karena kadar glukosa didalamnya cukup tinggi.

  • Makan secukupnya

Apapun yang dilakukan secara berlebihan memang tidak menutup kemungkinan terjadinya risiko pada kesehatanmu. Untuk itulah, sebaiknya dapat mengkonsumsi durian secukupnya. Jika perlu hanya makan sebanyak 2 biji.

  • Jangan lupa mengkonsumsi banyak air putih

Cara aman lainnya jika mengkonsumsi durian adalah dengan tidak lupa mengkonsumsi air putih cukup. Adapun tujuannya adalah untuk menekan nafsu makan anda dan dapat melancarkan sistem pencernaan

Hindari mengkonsumsi makanan  atau minuman dibawah bersamaan dengan durian

Perlu diingat apabila anda ingin mengkonsumsi durian, maka harus memperhatikan apabila tidak sedang mengkonsmsi makanan maupun minuman dibawah secara bersamaan. Adapun makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan duren antara lain.

  1. Hindari mengkonsumsi kopi bersamaan dengan king of fruit ini. Hal tersebut karena kopi mempunyai kandungan berupa kafein tinggi. efek samping akibat mengkonsumsi bersama kopi adalah dapat menyebabkan risiko penyakit jantung
  2. Selain kopi, sebaiknya hindari mengkonsumsinya bersama dengan susu. Hal ini tidak lain karena kedua mempunyai kandungan sulfur. Apabila dikonsumsi secara bersamaan maka dapat membuat tubuh bekerja kurang maksimal.
  3. Daging  sebaiknya juga tidak dikonsumsi bersamaan dengan durian karena dapat menyebabkan adanya gangguan pencernaan lambung, menyebabkan kolestrol dan darah tinggi.

Walaupun dikenal sebagai buah dengan segudang manfaat baik untuk tubuh tetapi bukan berarti Anda bisa mengkonsumsinya secara berlebihan. Pastikan mengetahui bagaimana cara mengkonsumsi yang aman agar bisa memperoleh manfaat buah durian secara baik.