Jenis Durian Paling Populer dengan Rasa Lezat dan Nikmat

Ada banyak jenis durian  yang bisa anda jumpai di Indonesia. Seperti diketahui, durian memang menjadi salah satu buah dengan popularitas cukup  tinggi di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dengan penggemarnya cukup banyak dan selalu laris manis di pasaran. Tidak hanya orang dewasa saja, anak-anak pun ternyata juga menyukai buah yang satu ini.

Buah satu ini memiliki ciri yang khas dimana pada buahnya diselimuti oleh duri-duri tajam. Selain itu, aromanya juga cukup tajam tetapi rasa manisnya cukup khas. Walaupun banyak orang tidak suka dengan aroma yang dimiliki tersebut, tetapi tidak sedikit pula masyarakat sangat menggilai buah tersebut. Durian sendiri juga mempunyai sebutan yakni king of fruit.

Di Indonesia, buah tersebut ternyata dapat ditemukan dengan mudah apabila sudah menginjak musimnya. Bahkan hampir setiap kawasan di nusantara, Anda bisa menemukannya dengan mudah. Ternyata, terdapat banyak jenis durian dimana cukup popular dan beragam yang tersebar di banyak area di nusantara.

Setiap jenisnya sebenarnya tidak memiliki perbedaan mencolok. Hanya saja, bagi penggemar buahnya maka tidak boleh melewatkan untuk mencaritahu apa sajakah jenis-jenis dari buah ini. Jika Anda mengaku sebagai penggila duren, pasti sudah bisa membedakan beberapa variasinya bukan?

Tidak hanya memiliki cita rasa lezat saja, buah diatas ternyata juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan manusia loh. Salah satunya adalah dapat digunakan sebagai sumber energy cukup. Hal tersebut lantaran didalam duren terdapat kandungan karbohidrat. Yang mana menjadi salah satu kandungan dimana sangat dibutuhkan oleh tubuh ketika selesai melakukan aktivitas fisik.

Jenis Durian Paling Populer

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, semua jenis durian sebenarnya mempunyai ciri khas dimana hampir mirip yakni kulitnya keras dan tajam. Tetapi ternyata terdapat sejumlah pembeda dimana menjadi keunikan tersendiri dari buahnya. Sampai disini, pasti penasaran bukan dengan jenis-jenis duren tersebut? agar tidak penasaran, langsung saja simak ulasannya dibawah

  • Duren Montong

Berbicara mengenai jenis durian paling popular, buah satu ini memang sangat popular. Jenisnya bahkan dapat memiliki bobot mencapai sekitar 10 kg. Tidak heran apabila variasinya dapat dikatakan sebagai terbesar dengan daging buah cukup tebal dibandingkan dengan lainnya.

Adapun soal rasanya ternyata tidak boleh diragukan lagi yakni perpaduan manis dan legit. Tidak heran apabila tidak ada yang sanggup buat menolak kelezatan dari buanya. Di Indonesia, budidaya buah satu inipun ternyata juga cukup cepat karena dapat berbuah dengan cepat.

Tetapi sayangnya, variasinya ternyata memiliki kekurangan dimana Anda harus menunggu dalam waktu lama agar buah benar-benar matang. Selain itu, jika sedang musimnya, harga dari variasinya dapat dibanderol dengan harga cukup tinggi. tetapi dijamin, para penggila durian tidak akan pernah menyesal untuk membelinya.

  • Duren Musang King

Jenis musang king inipun ternyata menjadi jenis durian popular lainnya. Adapun duren tersebut berasal dari Malaysia dan menjdi salah satu unggulan karena cita rasanya cukup manis dan tidak ada yang menolaknya. Tetapi dibandingkan dengan sebelumnya, anda mungkin akan merasa sedikit pahit ketika mengkonsumsinya.

Inilah keunikan dari Musang King ini. Adapun ciri lainnya adalah daging buahnya memiliki warna kuning kunyit dengan biji buah berbentuk pipih.  Untuk ukurannya sendiri hanya dapat mencapai 2-3 kg. Namun, Anda tidak perlu menunggu lama hingga buah matang.

Jenis-jenis Durian Lainnya Yang Wajib Dicoba

  • Ochee, si hitam manis

Selain, jenis durian diatas, masih ada variasi buah lainnya yakni Ochee ini. Untuk duriannya dikenal dengan sebutan si hitam karena kulit buanya berwarna gelap hijau kehitaman. Tidak seperti variasi lainnya dimana terlihat pucat. Adapun kelebihan dari jenis ochee adalah dagingnya tidak di tangan sehingga Anda lebih nyaman ketika mengkonsumsinya.

Menariknya lagi, tidak hanya menghadirkan cita rasa manis saja tetapi juga gurih dapat dirasakan. Untuk variasi Ochee dapat ditemukan di kawasan Salatiga dimana banyak membudidayakan tanaman satu ini. Selain itu, pohonnya juga terbilang cukup kuat karena dapat tumbuh di cuaca kering sekalipun.

  • Variasi petruk khas Jepara

Apabila Anda tengah berkunjung ke kawasan Jepara, maka jangan sampai lupa buat merasakan kelezatan Duren petruk ini. Jika dibandingkan dengan sebelumnya, yang satu ini ternyata tidak memiliki rasa manis berlebihan selain itu juga bercampur dengan rasa pahit. Pohonnya dapat tumbuh dengan cepat. sayangnya, memang sangat rentan terkena wabah penyakit.

Untuk masyarakat yang tertarik buat membudidayakan buahnya maka dibutuhkan penanganan khusus. Selain itu, variasi ini ternyata sangat digemari oleh masyarakat karena harganya relative lebih terjangkau apabila dibandingkan dengan lainnya. Itulah sebabnya, apabila sedang melakukan kunjungan wisata ke Jepara, jangan sampai melewatkan kelezatan buah Durennya.

  • Durian Merah

Sudah pernah mendengar jenis durian diatas? Ternyata variasi tersebut juga cukup popular dan banyak diburu loh. Sesuai dengan namanya, buah dren tersebut memiliki daging merah dan tidak seperti kebanyakan jenis lainnya. Soal rasanya memang sangat manis tetapi Anda memang harus mengeluarkan biaya cukup mahal untuk menikmati kelezatan dagingnya.

Durian Bawor dan  Durian Matahari

Buat masyarakat yang menyukai buah durian, memang tidak boleh melewatkan untuk mencicipi beberapa variasi buahnya. Masih ada lagi, jenis durian dimana dapat merasakan sensasi manis penuh kelezatan yakni berasal dari duren Bawor dan Matahari. Penasaran? Yuk simak penjelasannya dibawah

  • Bawor, sekilas mirip montong

Duren Bawor inipun juga menjadi salah satu variasi durian dimana sekilas memang memiliki kemiripan dengan montong karena bentuk dagingnya cukup tebal. Selain itu, kulitnya juga besar. tetapi yang membedakannya adalah untuk variasi Bawor ternyata lebih cepat matang dibandingkan dengan montong. Selain itu rasanya lebih manis dengan biji kecil saja.

  • Si Matahari Dengan rasa manis

Masih belum puas dengan jenis-jenis diatas? Ternyata masih ada lagi yakni si matahari dengan rasa manis. Jenisnya banyak dibudidayakan di kawasan bogor. Dinamakan matahari karena daging dari buahnya mempunyai warna cerah seperti matahari. Sayangnya, tidak tahan terhadap hama penyakit

Tips memilih durian agar tidak salah pilih

Sudah tahu bukan jenis durian diatas? Pastinya anda tidak ingin salah dalam memilih buahnya? Berikut beberapa tips yang dapat digunakan untuk memilih durian.

  1. Pilihlah bua dengan bentuk bulat  sempurna karena biasanya bentuk bulat memiliki jumlah daging lebih banyak dibandingkan lonjing
  2. Cobalah cek bagian bawah dari buah apakah terdapat kulit sudah merekah  atau terbelah dikit. Jika ya, sebaiknya dapat dihindari
  3.  Buah yang enak biasanya memang jatuh dari pohon dan bukan dipetik. Ini dapat dilihat dari tangkai durennya apabila terdapat sisi tidak rata, berarti buahnya dipetik
  4. Pilih buah dimana mengeluarkan bunyi gema kedalam.

King of fruit memang menjadi salah satu buah dimana memiliki penggemar cukup banyak di Indonesia. Bagi yang mengaku sebagai pecinta duren, maka wajib untuk mengetahui apa saja jenis durian tersebut.