Cara Budidaya Durian Musang King Untuk Pemula Paling Mudah

Budidaya durian Musang King ternyata semakin banyak dicari oleh masyarakat. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena buah satu ini memang sangat menjanjikan dan peminatnya juga ada banyak. Walaupun dikenal memiliki aroma menyengat, tetapi tidak sedikit pula masyarakat sangat menggilai buahnya.

Bahkan ketika sedang menginjak musimnya, tidak sedikit orang rela merogoh kocek dalam buat menikmati kelezatan dari buah tersebut. Rasanya manis dengan buah tebal, memang menjadi daya pikat tersendiri bagi sebagian besar orang. Buat yang mengaku sebagai pecinta duren, pasti sudah tahu apabila buah tersebut memiliki beberapa jenis bukan?

Dari sekian banyaknya variasi duren, Musang King memang menjadi salah satu buah dimana paling banyak digemari oleh konsumen penikmatnya. Sejak dikenalkan pada tahun 1993 silam, MusangKing memang bertransformasi menjadi primadona bagi banyak orang. Berasal dari negeri Jiran yakni Malaysia, Musangking ternyata memiliki keistimewaan tersendiri.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena variasi duren satu ini memang mampu menghasilkan buah dengan kualitas tinggi. Tidak heran apabila buahnya dikenal dengan sebutan Raja Durian bagi sebagian besar penggemarnya. Adapun ciri khas dari buahnya adalah kulitnya kering, memilih warna buah keemasan dengan daging cukup tebal tetapi bijinya kemps.

Dibandingkan dengan lainnya, aroma dari musangking ternyata lebih menggoda dengan cita rasa legit tetapi sedikit pahit. Nilai jualnya juga relative tinggi. Itulah yang menyebabkan semakin banyaknya orang tertarik buah membudidayakannya. Jika anda merupakan salah satu dari sekian banyak orang yang ingin menanamnya, apakah sudah mengetahui bagaimana cara budidaya durian musing king tersebut?

Cara budidaya durian musang King, Perhatikan Syarat Tumbuhnya Dahulu

Sebenarnya cara budidaya durian musang King memang cukup mudah tetapi bukan berarti Anda bisa menyepelakan begitu saja. Sebelum memutuskan untuk menanamnya, maka harus memperhatikan syarat tumbuhnya terlebih dahulu. Musang King sendiri ternyata merupakan tanaman khas kawasan tropis. Inilah mengapa agar tumbuh secara optimal, maka pohonnya membutuhkan kehangatan.

Selain itu, temperature ideal buat lokasi menanam durennya juga rata-rata 23 derajat celcius. Walaupun demikian, tidak sedikit pula dapat tumbuh di kawasan dengan suhu 10 derajat tetapi kondisi seperti ini jelas akan berpengaruh pada buah yang akan dihasilkan nanti. Inilah mengapa agar bisa sukses dalam budidaya, pastikan tanam di area tropis.

Adapun ketinggian dari pohon dapat tumbuh adalah sekitar 400-600 mdpl dengan curah hujan rata-rata hanya mencapai 2000… Kendati demikian, Musangking ternyata juga dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan ketinggian mencapai 1000 mdpl. Tetapi biasanya apabila ditanam di kawasan dataran tinggi warna daging dari buah lebih pucat sehingga tampak kurang menggoda.

Adapun untuk memulai budidaya durian Musang King dapat dimulai dari pemilihan bibit, persiapan lahan untuk menanam, pembuatan lubang untuk menanam, tahap penanaman, tahap pupuk hingga tahap perawatan. Masing-masing tahapan harus diperhatikan dengan baik agar pohon dan buahnya dapat tumbuh hingga maksimal.

Cara memulai budidaya Musang King

  • Pemilihan bibit duren

Adapun cara mulai budidaya durian musang king pertama adalah dengan pemilihan bibitnya. Perlu diingat apabila pemilihan bibit sangat penting diperhatikan karena akan mempengaruhi bagaimana kualitas dari buahnya nanti. Sangat disarankan buat memilih bibit dimana berasal  dari sambung pucuk dengan indukan yang bersifat unggul.

Apabila Anda memutuskan buat memilih bibit yang masih mudah, usahakan untuk menyimpannya agar tidak terkena sinar matahari secara berlebihan. Hal tersebut karena bibitnya masih belum kuat sehingga apabila terkena matahari secara terus-menerus maka dapat menyebabkan daunnya menjadi layu dan rusak.

  • Mulai menyiapkan lahan dan pembuatan lubang tanam

Apabila proses pemilihan bibit duren sudah dilakukan, maka budidaya durian Musang King berikutnya adalah dengan menyiapkan lahan. Anda dapat langsung membersihkan lahan dari gulma maupun tanaman liar lainnya dimana tumbuh di lahan yang akan digunakan untuk menanam pohonnya.  Pastikan apabila lahan dapat memperoleh sinar matahari cukup

Jika sudah, Anda dapat langsung membuat lubang penanaman. Untuk lubangnya dapat berukuran 50x50x50 cm untuk ukuran bibit 1 meter. Pastikan apabila area lubang dapat terkena sinar matahari cukup sehingga bibit bisa terhindar dari bakteri maupun penyakit. Jangan lupa berikan pupuk kandang kering ke dalam lubang dan biarkan selama 2 hari dahulu.

  • Proses penanaman   durian

Langkah budidaya durian Musang king berikutnya adalah proses penanaman duriannya. Sebelum menanam, pastikan memperhatikan jarak antar tanaman terlebih dahulu. Adapun jara idealnya adalah 8×8 m sampai 10x 10 m. dengan jarak besar ternyata dapat memberikan kesempatan supaya durian dapat tumbuh secara optimal.

Untuk menanamnya, Anda bisa memulainya dengan mengorek sedikit lubang penanamannya dahulu dan buka selubung bibit. Berhati-hatilah jangan sampai tanah bibit menjadi rusak. Pendam bibit tersebut dan pastikan apabila akarnya sudah terpendam secara sempurna. Jika sudah, urug lah tanah secara sempurna dan berhati-hati. Agar dapat tumbuh dengan maksimal, pastikan melakukan penyiraman secara rutin.

Proses pemupukan dan perawatan Musang King

Adapun tahap berikutnya dimana tidak boleh dilewatkan setelah proses penanaman adalah pemupukan dan perawatannya. Tahap budidaya durian musang king ini tidak boleh dilewatkan. untuk proses pemupukannya sendiri dapat dilakukan setiap bulannya dengan memanfaatkan pupuk organic  dengan cara disiramkan ke bawah bibit.

Ketika bibit telah menginja usia 3 bulan, maka musang King bisa langsung dikasih pupuk kompos. Adapun banyaknya dari pupuk adalah ¼ karung untuk masing-masing tanaman. Pemberian pupuk kompos dapat dilakukan setelah tanaman berusia 1-2 tahun/

Selain itu, proses perawatan juga perlu dilakukan. Adapun beberapa perawatan dimana harus anda lakukan seperti penyiangan agar bibit atau pohon dapat terhindar dari gulma maupun jenis tanaman lainnya. Selain itu proses pemangkasan juga perlu diperhatikan. Hal tersebut untuk memaksimalkan pertumbuhan dari buahnya.

Keunggulan Musang King Yang Menjadi Primadona

Sudah tahu bukan bagaimana buidaya durian musang King tersebut? Anda juga wajib mengetahui apa sajakah keunggulan dari buah tersebut diantaranya adalah sebagai berikut

  • Memiliki cita rasa sangat lezat

Sudah bukan menjadi rahasia lagi apabila musangking memang dikenal sebagai rajanya duren. Itulah mengapa dikenal dengan citarasanya yang sangat lezat dan juara. Rasa manisnya dijamin tidak ada yang menolaknya.

  • Mempunyai daging buah tebal

Buah durian musangking sendiri ternyata juga dikenal karena warna kuning kunyit dan cukup tebal. Karena dagingnya teba dan lembut itulah, maka dijamin akan memanjakan lidah anda.

  • Sangat mudah untuk beradaptasi

Buat Anda yang berkeinginan buat membudidayakan tanaman satu ini, maka anda tidak perlu khawatir karena duren musangking ternyata dikenal dengan tingkat adaptasi cukup tinggi.

  • Memiliki nilai jual tinggi

Selain itu memiliki tingkat adaptasi tinggi, ternyata  buahnya juga mempunyai nilai jual cukup tinggi. bahkan durian dengan ukuran besar dapat mencapai 100 ribu lebih per kg.

Durian memang dikenal sebagai salah satu primadona bagi siapapun seperti Musangking dimana popularitasnya tidak akan pernah surut. Budidaya durian musang King bisa dicoba bagi yang menginginkan bisnis menjanjikan.