Ciri Durian Musang King Mulai dari Pohon Hingga Buah

Ciri durian musang king sangat jelas jika dibandingkan jenis lain. Dengan ciri jelas tersebut, seseorang tidak akan kesulitan dalam membedakannya. Apabila anda merupakan pencinta buah ini, perbedaannya dengan jenis lain tentu perlu diketahui. Secara kasat mata, perbedaannya memang nampak tidak ada.

Namun ketika dipelajari, nyatanya terdapat ciri khusus yang hanya akan diketahui oleh mereka dengan sifat teliti. Mengetahui ciri ini jelas akan membantu. Apalagi jika anda merupakan seorang pengepul yang hendak mencari durian untuk keperluan bisnis. Akan berbahaya jika malah ditipu oleh seorang produsen.

Ciri durian musang king sendiri sebenarnya sangat banyak. Namun, terdapat ciri yang jelas dan samar. Untuk ciri samar ini, mempelajarinya butuh banyak waktu. Akan lebih mudah jika mempelajari ciri jelasnya terlebih dahulu. Oleh sebab itu, kesempatan kali ini akan digunakan untuk membahas ciri jelas tersebut.

Cirinya yang Terdapat pada Pohon

Jika dilihat secara umum, cirinya bisa dilihat mulai dari pohon hingga buah. Sebelum membahas ciri pada buah, mari mengetahui terlebih dahulu ciri yang terdapat pada pohon. Karakteristik pertama akan nampak jelas dari tinggi pohonnya. Ada banyak durian dengan tinggi pohon di bawah 25 meter.

Dapat dipastikan, itu bukanlah jenis musang king. Tinggi jenis ini sangat tinggi. Bahkan, ini menjadi salah satu ciri durian musang king paling utama. Jika dihitung, tinggi pohonnya berada pada kisaran 35 meter. Bahkan pada beberapa kasus, tinggi pohon tersebut mencapai angka 50 meter.

Tinggi tersebut jelas membuat ukurannya nampak seperti pohon raksasa. Karakteristik lain juga akan nampak jelas apabila memerhatikan daunnya. Daun dari buah tipe ini memiliki bentuk lumayan lonjong. Namun, bentuknya memang tidak sepenuhnya lonjong. Itu karena, terdapat bagian yang meruncing pada ujungnya.

Ciri durian musang king lain juga nampak jelas pada posisi daunnya. Posisi daun tersebut, tidak sejajar dan tertata rapi. Itu karena, daunnya satu sama lain nampak berseling. Selain itu, daunnya juga nampak bertangkai. Warna dari daun tersebut juga memiliki ciri khas tersendiri.

Seperti kebanyakan daun, warnanya adalah hijau cerah. Namun, warna berbeda akan terlihat jika melihat pada bagian bawah. Bagian bawah daunnya berwarna keemasan. Jika dilihat dengan lebih seksama, daun tersebut bahkan memiliki bulu. Bulu tersebut nampak seperti bintang yang berkelip-kelip.

Cirinya yang Terdapat pada Buah

Selain pada pohon, ciri durian musang king juga nampak jelas pada buahnya. Poin paling jelas akan terlihat apabila meneliti bentuk buahnya. Bentuknya nampak bulat dengan sedikit lonjong. Cobalah melihat pada pangkal buah tersebut. Warnanya terlihat sedikit coklat dibandingkan dengan jenis yang biasa.

Selain itu, bagian yang berada dekat dengan pangkal biasanya tidak mempunyai duri. Karakteristik lain juga akan terlihat kulitnya. Pada kulit tersebut, terdapat lima buah garis yang masing-masing mengarah ke bagian pangkal. Dengan jumlah tersebut, garisnya nampak seperti membentuk motif bintang.

Durinya sendiri nampak sangat khas. Tidak berbentuk seperti kerucut, bentuknya lebih mirip piramida. Itu karena, bagian samping dari duri tersebut nampak sangat rata. Ciri durian musang king lain terletak pada berat buahnya. Jika dilihat dari segi berat, beratnya memang tidak terlalu tinggi.

Apabila dilakukan pengukuran, berat tersebut hanya berada pada kisaran 1 hingga 1,5 kg. Tentu, berat tersebut relatif kecil jika dibandingkan dengan jenis yang lain. Hal ini bahkan membuat banyak orang menjadikan ukuran kecil sebagai ciri utama dari durian musang king.

Ciri Pada Daging dan Biji

Ciri durian musang king juga bisa dilihat dari daging dan bijinya. Daging dari makanan ini memiliki warna kuning yang sangat mengkilap. Tampilannya memang begitu menggoda ketika sudah dipisahkan dari bagian kulit. Selain itu, ketebalan dari dagingnya juga sangat unggul. Jika dibandingkan dengan jenis lain, daging tersebut memang relatif lebih tebal.

Bahkan durian musang king dapat disebut sebagai jenis dengan daging paling tebal yang ada di dunia. Ketebalan daging ini sangat terbantu oleh bentuk bijinya. Biji dari durian ini nampak lebih kempis dibandingkan dengan biji jenis lain. Kempisnya biji tentu membuat ketebalan dari daging menjadi lebih besar.

Dalam banyak kasus, sering kali daging yang tebal berefek pada rasa yang lebih hambar. Hal ini terjadi pada jenis ini. Rasa manis yang kuat tetap dimiliki. Bahkan beberapa orang yang mengeluhkan manis berlebihan pada durian tidak akan mengatakannya ketika mencoba jenis musang king.

Itu karena, jenis ini memiliki tambahan rasa pahit pada bagian dalam. Dengan campuran antara rasa pahit dan manis, rasanya nampak pas dan tidak berlebihan. Bisa dibilang, campuran kedua rasa tersebut merupakan keunggulan utama pada ciri durian musang king. Aroma dari tipenya juga luar biasa.

Setiap buah durian memiliki aroma khas yang bisa menggugah nafsu makan setiap orang. Namun pada durian musang king, aroma tersebut nampak lebih kuat. Ini membuat rasa harum yang dimunculkan menjadi lebih baik. Perpaduan antara aroma harum dan rasa yang pas membuat penikmatnya pasti dimanjakan.

Ciri durian musang king lain terletak pada teksturnya. Buah ini memiliki tekstur sangat lembut. Tekstur lembut tersebut membuat dagingnya akan lumer ketika mengenai lidah. Selain lembut, rasanya juga sangat gurih. Ini membuat setiap orang tidak akan bosan ketika mencicipinya dalam jumlah banyak.

Harganya Juga Tidak Terlalu Mahal

Walaupun keunggulannya sangat banyak, bukan berarti harga durian musang king di pasaran sangat tinggi. Jika dibandingkan dengan jenis lain, perbedaan harganya tidak terlalu jauh. Satu kilo, harga buahnya berada di kisaran 160 ribu rupiah. Berhubung satu butirnya berada pada kisaran 1,5 kg, maka harga per butirnya mencapai 240 ribu rupiah.

Sebenarnya akan lebih baik jika membeli dengan bentuk yang sudah dipisahkan dari kulit. Ada banyak penjual durian yang menjajakan dagangan dengan tipe ini. Biasanya, buah tersebut disiapkan dalam bentuk beku. Untuk yang sudah dipisahkan dari kulit, harganya jelas meningkat. Harga tersebut berada pada kisaran 480 ribu rupiah per kilo.

ini membuat harga satuannya menjadi tidak terlalu mahal. Jika dihitung, harga satuannya hanya berada pada kisaran 70 hingga 90 ribu rupiah. Ada banyak jenis durian lain yang harganya berada dekat dengan kisaran tersebut. Namun ketika memilih jenis musang king, seluruh keunggulan pada rasa dan ketebalan daging akan didapat.

jika anda ingin mencoba berbisnis pada bidang durian, akan lebih baik jika memilih jenis ini. Itu karena, peminatnya sangat banyak. Dengan banyaknya peminat tersebut, omzet hariannya jelas menjadi sangat tinggi. Ini tentu akan menguntungkan anda sebagai pelaku bisnis karena tingginya omzet berarti semakin banyaknya keuntungan.

Namun intinya, pastikan pengetahuan tentang karakteristiknya sudah diketahui dengan baik. Jangan sampai tertipu dan malah mendapatkan jenis lain yang kualitasnya jauh berada di bawah. Zaman sekarang, ada banyak orang yang ingin mendapat keuntungan dengan merugikan orang lain. Setidaknya ulasan tentang ciri durian musang king ini bisa menjadi penjelas dari hal tersebut.