Pentingnya Rutin Olahraga Saat Pandemi, Ini Manfaatnya

Ancaman virus Corona masih mengintai banyak orang, sehingga rutin olahraga saat pandemic seperti ini harus selalu dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh selalu sehat. Setelah berlangsung lebih dari sembilan bulan, pandemi virus Corona juga belum mereda khususnya di Indonesia. Ini membuat semua orang harus selalu waspada dan menjaga daya tahan tubuh agar tidak terpapar virus berbahaya tersebut.

Sudah tidak perlu diragukan lagi, jika melakukan aktivitas olah tubuh memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Dengan rutin olahraga tubuh bisa menjadi lebih sehat dan fit hingga mampu meningkat daya tahan tubuh. Oleh sebab itu tidak heran jika di tengah ancaman pandemi seperti saat ini, rutin melakukan olah tubuh sangat disarankan.

Covid-19 sendiri merupakan virus yang bisa menyerang jika daya tahan tubuh manusia tengah melemah. Hal ini bisa dihindari, dengan menerapkan pola hidup sehat seperti makan makanan bergizi serta rutin olahraga saat pandemi. Dengan tubuh yang fit, ancaman virus Corona bisa sedikit dihindari.

Sebenarnya semua jenis olahraga baik untuk tubuh dan kesehatan. Akan tetapi di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini, ada baiknya anda lebih bijak dalam memilih agar tidak berbalik membahayakan keselamatan. Kali ini, kami akan membahas olahraga apa saja yang cocok dilakukan saat pandemi seperti berikut :

Jenis Olahraga yang Cocok di Lakukan Saat Pandemi

Rutin olahraga saat pandemi memang bagus dan sangat disarankan karena bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Akan tetapi pastikan aktivitas olah tubuh yang dipilih tidak mengundang bahaya dan menyebabkan anda justru terpapar virus Corona karena pemilihan kurang tepat. Berikut ini beberapa rekomendasi olahraga yang tepat dan aman dilakukan saat pandemic :

  1. Yoga

Salah satu jenis olahraga yang cocok dilakukan saat kondisi pandemi seperti saat ini adalah Yoga. Ini merupakan jenis olah tubuh yang bisa dilakukan sendiri sehingga tidak perlu keluar rumah atau berinteraksi dengan orang asing. Selain bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh, yoga juga membuat pikiran lebih tenang sehingga bisa meningkatkan kesehatan mental.

  1. Kardio
    Selain yoga, kardio juga menjadi salah satu jenis olahraga yang disarankan untuk dilakukan saat pendemi seperti saat ini. Kardio bisa dilakukan di rumah tanpa harus datang ke tempat gym. Dengan cara ini, anda bisa tetap bugar tanpa harus berisiko terpapar virus Corona.
  2. Jogging

Jika bosan dengan aktivitas di dalam ruangan terus, tidak ada salah sekali-kali melakukan olahraga di luar ruangan seperti jogging. Akan tetapi pastikan memilih tempat jogging yang aman seperti di sekitar tempat tinggal saja. Selalu pastikan patuhi protokol kesehatan jika keluar rumah seperti memakai masker dan menjaga jarak aman.

Jenis Olahraga yang Harus Dihindari Saat Pandemi

Pada dasarnya semua jenis olahraga bagus untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi di tengah kondisi pandemic seperti saat ini, ada baiknya anda lebih waspada memilih jenis olahraga agar tidak mengundang bahaya untuk diri sendiri. Untuk itulah ada baiknya jenis aktivitas olah tubuh berikut ini anda hindari terlebih saat pandemi seperti saat ini.

Salah satu jenis rutin olahraga saat pandemi yang harus dihindari terlebih dahulu adalah renang terutama di kolam renang umum. Berenang di tempat umum bisa menjadi sarana penularan virus Corona sehingga tidak harus sangat dihindari. Akan tetapi jika dilakukan di rumah, hal ini tidak akan menjadi masalah.

Selain berenang, berbagai jenis olahraga yang melibatkan kerumunan ada baiknya dihindari terlebih dahulu. Bukan karena tidak bagus untuk kesehatan, akan tetapi hal ini untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19 yang sangat rentan terjadi di kerumunan. Oleh sebab itulah, memilih mengurangi aktivitas di dalam rumah adalah pilihan terbaik untuk saat ini.

Rutin olahraga saat pandemi saja belum cukup untuk menjaga daya tahan tubuh tetap fit. Ada baiknya jaga juga pola makan sehat. Berikan asupan seimbang untuh tubuh agar kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi. Perbanyak konsumsi sayur dan air putih serta kurangi mengkonsumsi makanan cepat saji bisa membahayakan tubuh.

Tips Aman Olahraga di Tengah Pandemi Covid-19

Di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini, masyarakat memang dilarang untuk banyak melakukan aktivitas di luar ruangan. Akan tetapi di era new normal, beberapa aktivitas mulai diijinkan dengan catatan harus mematuhi protokol kesehatan yang ada. Nah bagi anda yang ingin melakukan aktivitas olah tubuh di luar rumah saat masa pandemi, ini tips agar tetap aman:

  1. Mengecek wilayah

Hal pertama jika ingin melakukan aktivitas di luar ruangan adalah pastikan wilayah tersebut aman terlebih dahulu. Pastikan lokasi olahraga tidak terlalu ramai sehingga anda bisa tetap menjaga jarak aman. Pilih lokasi yang sudah masuk dalam zona hijau sehingga resiko terpapar Covid-19 bisa dihindari.

  1. Pastikan tubuh fit

Tips aman rutin olahraga saat pandemi yang selanjutnya adalah pastikan tubuh selalu fit. Aktivitas olahraga jika dilakukan ketika kondisi tubuh kurang fit justru bisa membahayakan terutama jika dilakukan di luar ruangan. Saat tubuh tidak prima, ada baiknya melakukan aktivitas olah tubuh yang bisa dilakukan dari rumah saja.

  1. Tetapkan protokol kesehatan

Satu lagi tips aman melakukan olahraga saat pandemi seperti sekarang ini adalah selalu patuhi protokol kesehatan yang ada. Di era new normal ini, melakukan aktivitas di luar ruangan memang sudah diperbolehkan. Akan tetapi pastikan selalu mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak aman dan mencuci tangan sebelum dan setelah berolahraga.

Manfaat Rutin Olahraga Saat Pandemi

Rutin olahraga saat pandemi memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah bisa meningkat daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang baik, resiko terpapar virus Corona akan menjadi kecil. Pasalnya virus ini menyerang jika daya tahan tubuh penderitanya tengah melemah.

Selain itu meningkatkan daya tahan tubuh, rutin berolahraga juga membuat peredaran darah menjadi lebih bagus. Peredaran darah yang bagus akan membuat otak bisa lebih relax sehingga berpengaruh terhadap kesehatan mental. Di tengah kondisi yang tidak menentu seperti saat ini, memastikan sangat penting agar tidak mudah stress karena bisa mempengaruhi kesehatan tubuh.

Satu lagi manfaat rutin olahraga saat pandemi adalah mengisi waktu luang dengan kegiatan yang positif. Di masa pandemi seperti sekarang ini, aktivitas masyarakat sangat terbatas karena berbagai kegiatan harus dilakukan dari rumah. Akan tetapi jika diselingi dengan olahraga masa-masa sulit ini akan lebih mudah terlewati.

Di masa pandemi dan darurat Covid-19 seperti saat ini, segala aktivitas masyarakat memang menjadi terbatas. Akan tetapi hal tersebut bukan menjadi alasan untuk menjadi malas berolahraga. Pasalnya untuk melawan virus Corona dibutuhkan daya tahan tubuh prima. Oleh sebab itulah rutin olahraga saat pandemi sangat perlu dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga dapat terhindar dari paparan virus Covid-19.