Dinobatkan Menjadi Raja Durian, Apa Kelebihan Durian Musang King?

Pecinta buah durian pasti sudang tidak asing dengan jenis durian musang king. Ini merupakan salah satu jenis durian yang sangat populer, tidak hanya di Indonesia akan tetapi juga beberapa negara di Asia Tenggara. Rasanya yang legit dan daging tebalnya, membuat banyak orang langsung jatuh cinta dengan buat berduri tajam ini.

Walaupun memiliki bau yang cukup menyengat, nyatanya tetap menjadikan buah ini salah satu buah paling populer. Di balik kulitnya yang berduri tajam, terdapat kenikmatan daging buah legit nan menggoyang lidah. Buah berdaging kuning mengkilat ini selalu diburu saat musim panennya telah tiba.

Buah durian sendiri sebenarnya memiliki banyak jenis. Beberapa di antaranya seperti durian montong, medan, dSumatera dan masih banyak lagi. Akan tetapi dari semua jenis tersebut, ada satu jenis yang dinobatkan sebagai raja dari segala raja durian yaitu musang king.

Kenikmatan musang king sudah sangat tersohor khususnya di kalangan para pecinta buah berduri tajam ini. Rasanya yang legit dan daging tebalnya mampu membuat siapapun langsung jatuh cinta saat mencicicipinya. Walaupun dibanderol dengan harga lebih mahal, akan tetapi jenis ini selalu diburu dan habis diburu para penggemarnya.

Apa Itu Durian Musang King?

Sebelum populer di Indonesia, musang king sudah sangat populer di Malaysia dan Singapura. Faktanya, durian jenis ini memang berasal dari negeri Jiran, Malaysia. Buah berkulit tajam ini dikenal dengan dagingnya yang tebal, manis dan juga legit. Saking populernya, Musang king mampu menyaingi durian montong asal Thailand yang sebelumnya sempat populer juga.

Musang king pertama kali diperkenalkan pada tahun 1990. Jenis ini pertama kali di temukan di Tanah Merah kawasan Kelantan Malaysia yang saat ini sangat populer sebagai wilayah penghasil durian berkualitas bagus. Musang king dikenal dengan dagingnya berwarna kuning terang, tebal, lembut, rasanya manis sedikit pahit serta bijinya sangat kecil.

Durian Musang king pertama kali diperkenalkan oleh Wee Chong Beng yang sebelumnya diberi nama raja kunyit. Ini karena buah tersebut memiliki daging berwarna kuning terang layaknya kunyit. Akan tetapi oleh masyarakat luas, durian tersebut lebih populer disebut dengan Musang King karena lokasi pohon induknya berada di dekat Goa Musang di wilayah Kelantan.

Setelah menjadi primadona, akhirnya banyak warga yang tertarik untuk menanam bibit pohon Musang King tersebut. Setelah menunggu beberapa tahun, akhirnya pada tahun 2000 banyak pohon mulai berbuah dan bisa dipanen. Tidak hanya dinikmati oleh warga Malaysia saja, Musang king akhirnya juga banyak diekspor ke berbagai negara termasuk Indonesia.

Keistimewaan Durian Musang King Dibandingkan Jenis Lainnya

Saat ini, Musang King masih menjadi jenis durian paling populer di berbagai negara termasuk Indonesia mengalahkan durian monthong asal Thailand. Hal ini tidak heran, karena kualitas buah dan rasanya memang tidak perlu diragukan lagi. Jadi bagi anda pecinta buah berbau khas ini, sangat wajib untuk mencicipi kelezatan buah asal Malaysia ini.

Musang king memiliki banyak kelebihan dan keistimewaan dibandingkan dengan jenis lainnya. Salah satunya adalah daging buat sangat tebal dengan biji yang sangat kecil dan kempis. Hal ini membuat penikmat durian bisa lebih puas saat memakannya walaupun harus merogoh kocek lebih dalam.

Selain dagingnya yang tebal, rasa Durian Musang King juga tidak perlu diragukan lagi. Buahnya memiliki rasa manis nan legit. Ada sedikit rasa pahit yang justru membuat rasanya menjadi semakin nikmat dan menyatu di dalam mulut. Memakan satu buah saja pastinya tidak akan cukup dan ingin terus menambah karena rasanya memang sangat enak.

Dibandingkan dengan jenis lainnya, Musang King memiliki tekstur daging buah paling lembut dan creamy sehingga akan langsung lumer saat masuk ke dalam mulut. Di Indonesia sendiri, telah banyak kios yang menjual buah ini salah satunya di Bandung dan telah menjadi langganan banyak orang termasuk para artis Ibukota.

Tempat Makan Durian Musang King Paling Populer

Walaupun bukan jenis buah asli Indonesia, akan tetapi durian jenis ini sudah banyak diperjual belikan disini. Ada banyak kios buah yang khusus menjual buah berbau jatam ini di sekitar kota Jakarta. Salah satunya adalah di Sentra Durian Kalibata. Disini anda bisa menemukan banyak jenis durian termasuk Musang King dengan harga lebih murah dibandingkan dengan di tempat lainnya.

Tidak hanya di Jakarta saja, Bandung juga memiliki salah satu tempat menikmati legitnya buah durian asal Malaysia ini. Salah satu tempat yang sangat populer adalah Durian Sultan Bandung. Gerai khusus buah berduri tajam ini terletak di Jalan Raya Kopo No. 362A. Ini menjadi salah satu gerai Musang King pertama di Indonesia.

Walaupun di Indonesia sudah banyak yang menjual, akan tetapi paling asyik dan nikmat makan durian Musang King ya di tempat asalnya. Selain lebih banyak pilihan, kualitas buah yang dijual di Malaysia langsung pastinya lebih bagus. Harga yang ditawarkan pastinya juga jauh lebih murah dibandingkan jika membeli di Jakarta.

Di Malaysia sendiri telah banyak tempat populer untuk menikmati buah primadona ini. Salah satunya adalah Jimmy’s Durian Orchard. Disini pengunjung bisa menikmati buah durian langsung dari kebunnya. Jadi tidak hanya perut yang puas, akan tetapi mata juga dimanjakan dengan pemandangan kebun durian menakjubkan.

Durian Musang King Telah Banyak Dijual Frozen yang Lebih Tahan Lama

Durian termasuk salah satu buah musiman yang tidak bisa ditemukan sepanjang tahun. Akan tetapi tidak perlu khawatir, karena saat ini telah banyak penjual Musang King frozen yang bisa dinikmati kapan saja. Jadi pecinta buah berbau harum tajam ini tidak perlu khawatir jika ingin menikmati kelezatannya bahkan saat bukan musimnya sekalipun.

Daging buah durian berkualitas tinggi akan dipisahkan dari kulitnya. Selanjutnya dikemas dalam wadah tertutup rapat sebelum dibekukan. Walaupun dijual dalam kondisi beku atau frozen, kualitas musang king tidak akan berubah. Rasanya akan tetap manis dan legit saat dinikmati walaupun sudah disimpan beberapa bulan sekalipun.

Musang king frozen bisa bertahan lebih dari 6 bulan jika disimpan dengan baik. Kualitas daging buah juga tidak akan berubah sehingga bisa dinikmati kapan saja. Saat ini juga telah banyak gerai yang menjual buah asal Malaysia ini secara frozen. Bahkan anda bisa membeli secara online di berbagai marketplace populer di Indonesia.

Buah durian memang sudah dikenal sebagai rajanya para buah. Walaupun memiliki bau dan duri yang cukup tajam, nyatanya buah ini memiliki penggemar cukup banyak. Rasanya yang khas membuatnya selalu dicari bahkan saat tidak musim sekalipun. Bagi anda yang mengaku pecinta buah berduri tajam ini, sempatkan walau hanya sekali saja untuk mencicipi nikmatnya buah durian Musang King yang dijamin akan membuat hidup anda semakin bahagia.