Sederetan Alasan Nonton Film Bioskop Generasi Milenial Masih Dipertahankan

Nonton film bioskop menjadi aktivitas tersendiri yang disukai oleh kawula muda saat ini. Mengingat bioskop menawarkan beragam hal tak bisa didapatkan dari sekedar nonton di rumah. Tak heran jika anak muda lantas berbondong-bondong menyerbunya kala ada film yang disuka.

Dibalik animo masyarakat yang begitu tinggi saat nonton secara langsung, ternyata ada beberapa alasan mendasarinya. Khususnya bagi generasi muda sampai rela ngantri demi menonton film favoritnya. Berikut alasan utama menonton di bioskop masih digemari anak muda.

Menjadi Hiburan Paling Utama

Alasan pertama nonton film bioskop adalah karena merupakan bagian dari hiburan. Bagi generasi muda hiburan begitu diperlukan untuk melupakan penat pikiran dan sederetan aktivitas membosankan. Bioskop menjadi jalan mendapatkan hiburan paling mudah dilakukan dan tergolong murah mendapatkannya.

Khususnya bagi masyarakat perkotaan yang hidup di tengah padatnya rutinitas tak berkesudahan dan dapat menjadi hiburan paling bisa diandalkan. Mengingat libur weekend sebentar dan tak bisa pergi ke luar kota. Sehingga bioskop menjadi andalan berlibur tanpa harus pergi jauh.

Menonton secara langsung ini juga bisa disesuaikan dengan aktivitas masing-masing masyarakat. Mengingat jam tayang di bioskop begitu fleksibel dan bisa dipilih sesuai waktu luang. Untuk satu film sama biasanya tersedia pilihan jam tayang dari pagi bahkan hingga malam.

Mendapatkan Pengalaman Menonton Lebih

Alasan utama nonton film bioskop masih disukai adalah karena pengalaman lebihnya. Bagaimana tidak, hanya bioskop saja mampu memberikan efek suara, musik, hingga percakapan secara maksimal. sehingga penonton merasakan sensasi ekstra dan lebih menjiwai ke dalam alur ceritanya.


Setiap alur cerita mulai dari jengkel, lucu, menakutkan, hingga sedih akan dapat dirasakan langsung oleh penonton. Pasalnya, atmosfernya begitu nyata dan mampu membangunkan alam bawah sadar penonton untuk menikmati dengan serius. Alhasil, pengalaman menonton tak akan sama dari sekedar menonton di rumah saja.

Satu hal berbeda antara menonton di bioskop dan di rumah adalah masalah tempo. Di rumah, Anda bisa sengaja mempercepat film jika merasa penasaran akan endingnya atau bosan dengan alur ceritanya. Berbeda dengan menonton langsung, maka Anda tak bisa mempercepat film sehingga lebih membuat penasaran.


Belum lagi ditambah dengan respon penonton lain atas setiap percakapan mulai dari tertawa, berteriak, hingga ikut menangis. Hal ini membuat sensasi menonton langsung lebih ngena ke perasaan penonton dari sekedar menonton di rumah saja. bahkan luapan emosional menonton ini juga bisa meredakan stress.

Fasilitas Bioskop Yang Lengkap


Alasan lain yang mendasari orang nonton film bioskop langsung adalah karena fasilitasnya. Mungkin saat ini banyak tersedia situs nonton film online bisa diakses di mana saja. namun, hal tersebut jelas berbeda karena tidak difasilitasi secara langsung untuk menambah pengalaman dalam menonton.

Berbeda dengan menonton langsung di bioskop, maka Anda akan difasilitasi secara lengkap untuk menambah pengalaman menonton. Misalnya tempat duduk nyaman, audio enak didengar, hingga tambahan efek yang tak akan ditemukan kala nonton di rumah. Anda akan disajikan dengan speaker berkelas sehingga semakin menikmati tontonan.

Fokus Dan Privasi

Alasan lain nonton film bioskop secara langsung adalah suasana yang diberikan. Mungkin saat menonton di rumah terdapat banyak sekali gangguan dan membuat kegiatan nonton menjadi tak nyaman dilakukan. Berbeda saat di bioskop, maka Anda bisa merasakan nonton dengan fokus dan privasi terjaga.

Fokus yang terjaga membuat Anda lebih menikmati setiap percakapan dan tak melewatkan begitu saja. Alhasil lebih dapat menikmati suasana dan alur cerita yang ada. Hal ini membuat reaksi menonton antara di rumah dengan langsung sangat berbeda menghasilkan sensasi dan pengalaman lebih menarik.

Tidak Mau Ketinggalan Sesatu Baru

Alasan terakhir nonton film bioskop adalah karena ikut-ikutan dan tidak mau ketinggalan sesuatu. Jelas, menonton film secara langsung ini begitu memikat karena langsung pada saat jadwal rilisnya. Sehingga Anda bisa lebih mengetahui isi cerita sebelum orang lain menontonnya.

Berbeda kala menonton di rumah biasanya harus menunggu beberapa bulan bahkan tahun baru dapat ditonton. Sensasinya pasti berbeda karena mungkin sudah mendapatkan bocoran atas apa yang ditonton. Pasalnya nonton di bioskop selalu pada saat film sedang booming dan baru dirilis.

Bioskop merupakan fasilitas umum memiliki beberapa aturan tertentu bagi penontonnya. Sehingga siapa saja harus menaati setiap aturan selama menonton. Hal ini dilakukan untuk lebih menjaga kenyamanan dan keamanan dari masing-masing penonton saat menikmati film.

Sederetan Aturan Bioskop Tak Boleh Dilanggar

Ada beberapa aturan khusus nonton film bioskop harus ditaati bagi siapa saja yang menonton secara langsung. Aturan ini harus langsung diterapkan begitu Anda menerima tiket nonton. Tujuannya adalah agar tak merugikan dan menganggu privasi dari masing-masing penonton. Berikut daftar aturan nonton di bioskop.

  1. Tidak Diperbolehkan Merekam Film
    Aturan pertama saat nonton film bioskop adalah tidak boleh merekam film apa pun. Hal ini bukan aturan semata karena telah memiliki undang-undang yang mengikatnya. Sehingga bagi siapa saja yang melanggar, dapat dikenai sanksi tegas berupa pidana.
    Merekam film menggunakan gadget merupakan tindakan tak terpuji yang dapat merugikan pihak bioskop. Pasalnya, di era digital seperti saat ini transfer informasi begitu massif dan cepat dilakukan. Sehingga dengan adanya rekaman dapat menciptakan spoiler terhadap penonton lain yang belum merasakan langsung filmnya.
  2. Bermain Ponsel Sepanjang Waktu
    Kebiasaan lain yang selalu ada kala nonton adalah bermain ponsel sepanjang waktu. Jelas hal imi begitu menyebalkan dan tak disukai oleh semua penonton. Pasalnya, cahaya yang dihasilkan oleh LCD ponsel merupakan gangguan nyata di tengah-tengah suasana ruangan begitu gelap.
    Alhasil bukannya fokus dan menikmati sajian film justru malah menikmati pantulan cahaya LCD ponsel. Sehingga kegiatan ini harusnya tak lagi dilakukan karena dapat menganggu privasi sesama penonton lainnya. usahakan begitu film dimulai maka simpan jauh-jauh ponsel dari tangan agar tak dimainkan.
  3. Membawa Makanan Dengan Aroma Menusuk
    Menonton sambil makan merupakan hal yang asyik dilakukan. Namun, bukan sembarang makanan tetapi makanan tertentu yang memang diizinkan. Pasalnya, ada beberapa makanan dengan aroma menusuk yang tak boleh dibawa ke ruangan. Hal ini akan menganggu jalannya menonton film bagi penonton lainnya.Tak heran jika beberapa bioskop di Indonesia menerapkan aturan tak boleh membawa makanan dari rumah. sehingga makanan yang dibawa biasanya dijual secara langsung oleh pihak bioskop. Tentunya merupakan daftar makanan ringan yang tak menganggu jalannya nonton film.
    Menonton di bioskop memang menjadi kegiatan seru dan menyenangkan. Terlebih jika dilakukan bersama orang tersayang, maka akan semakin menambah kesan seru di dalamnya. Namun, harus tetap mengikuti aturan yang ada untuk menjaga kenyamanan sesama penonton saat nonton film bioskop.