Fenomena dan Perkembangan Cabang Sports di Dunia

Sampai dengan sekarang ini, sebenarnya ada banyak cabang sports yang bisa kalian mainkan. Perkembangan zaman, khususnya karena teknologi telah memberi dampak yang sangat besar bagi dunia olahraga. Jika aktivitas olahraga yang kalian tahu hanya itu-itu saja, namun sebenarnya sekarang ada banyak cabang olahraga baru.

Salah satu cabang olahraga yang belakangan populer dan banyak menuai perdebatan yaitu ada pada cabang olahraga e-sports. Seperti namanya saja, tentu bisa kita ketahui apabila cabang olahraga e-sport berhubungan dengan yang namanya perangkat teknologi, khususnya smartphone dan komputer.

Secara sederhana, e-sport ini sendiri dapat disamakan dengan aktivitas bermain game. Lantas tahukah kalian bagaimana bisa aktivitas bermain game sama dengan aktivitas olahraga?. Untuk bisa membahas hal ini, tentu kalian wajib tahu soal perkembangan dari dunia games terlebih dahulu.

Perkembangan Cabang Sports di Jaman Milenal

Dengan adanya peran teknologi, tentu bisa kita sadari apabila semua aktivitas manusia telah mengalami perubahan. Karena teknologi juga, saat ini setiap manusia telah merasakan beragam dampak positif maupun negatif. Lewat teknologi tersebut, semua aktivitas bahkan dapat terasa lebih mudah.

Pada akhirnya, semua lini di kehidupan manusia memang akan selalu bersinggungan dengan yang namanya teknologi, tidak terkecuali dengan dunia olahraga. Olahraga memang akan selalu identik dengan aktivitas tubuh yang bertujuan untuk kesehatan. Dengan melakukan beberapa Cabang Sports, dipercaya tubuh kita akan merasakan dampak positif.

Menanggapi hal tersebut, aktivitas olahraga memang benar-benar memberi dampak yang sangat positif. Dengan menggerakan anggota tubuh, secara tidak sadar keringat akan keluar. Keringat yang keluar dari tubuh manusia dipercaya mampu membawa racun. Oleh sebab itu juga, aktivitas olahraga dinilai sangat positif.

Jika memang olahraga sebelumnya identik dengan olah tubuh, lantas bagaimana Anda menanggapi mengenai e-sports?. Untuk sebagian orang, e-sports memang dipandang hanya aktivitas bermain game. Tidak ada gerakan tubuh dalam e-sports yang membuat keringat keluar dan memberi dampak positif bagi tubuh, lantas benarkah demikian?.

Mengenal Cabang Sports Baru yang Banyak Diminati

Aktivitas bermain game memang akan selalu diminati para remaja. Tidak hanya mengacu ke gender laki-laki saja, secara umum bermain game memang menjadi hobi dari kalangan perempuan. Sekarang ini, tidak ada batasan dan stereotipe bahwa yang senang bermain game hanya dari kalangan laki-laki saja.

Beragam pandangan mengenai dunia game memang semakin luas. Jika game sebelumnya identik dengan aktivitas yang membuang-buang waktu saja, namun untuk sekarang hal tersebut sangatlah berbeda. Selain peran dari teknologi, peran dari vendor perusahaan game juga memegang kendali dalam hal ini.

Pada zaman modern seperti sekarang, kualitas game memang telah mengalami peningkatan yang sangat pesat. Baik dari segi kualitas grafik game-nya, masing-masing game play pada permainan yang sekarang sedang populer juga sangat epik. Kalian bisa coba melihat beberapa game mobile seperti Mobile Legends maupun PUBG.

Mobile Legends dan PUBG memang menjadi dua game terpopuler belakangan tahun ini. Bahkan, karena dua game tersebut sekarang ini muncul fenomena e-sports. Bermain game kini bisa digolongkan sebagai Cabang Sports. Walau secara nyata bermain game tidak mengeluarkan keringat seperti olahraga, namun ada beberapa unsur yang mirip.

Adapun kesamaan antara aktivitas olahraga dan bermain game yaitu sama-sama dapat meningkatkan hiburan seseorang. Olahraga memang diakui sebagai media untuk hiburan. Selain itu, olahraga dan bermain game akan membantu meningkatkan respon dari masing-masing pemainnya.

Sisi Unik dari Cabang Sports

Bagi kalian yang sudah lama terjun dalam dunia game, tentu kalian telah merasakan perkembangan dari dunia game itu sendiri. Ketika kita berbicara mengenai game play-nya, tidak dipungkiri apabila game-game sekarang menuntut konsentrasi yang lebih bagi masing-masing pemainnya.

Bisa dikatakan juga, game-game sekarang secara tidak langsung memberi dampak positif bagi para pemainnya. Untuk yang pertama, dampak positif yang bisa kalian rasakan ada pada pembelajaran bahasa asing-nya. Melalui game-game ini, kalian bisa bermain sembari belajar mengenai bahasa asing seperti bahasa Inggris.

Banyaknya game yang ada di pasaran memang secara umum menggunakan bahasa Inggris. Cukup dengan masuk ke dalam menu game tersebut, pemain dalam hal ini belum bermain, pemain akan dihadapkan dengan beberapa istilah bahasa asing. Pemain bisa belajar mengenai arti dari Start, Play, Mode, serta yang lainnya.

Selain bisa menjadi media untuk belajar bahasa asing, memainkan Cabang Sports satu ini juga dipercaya dapat melatih tingkat konsentrasi pemain. Game-game sepertu PUBG memang menuntut pemainnya untuk fokus dalam menyelesaikan misi. Semakin sering pemain bermain game ini, tentu konsentrasi dalam dirinya akan terasah.


Walau secara tidak sadar, sebenarnya ada banyak manfaat ketika kalian bermain game. Beberapa game yang ada juga sekarang ini bisa dijadikan sebagai ajang melatih problem solving. Ada game-game, seperti Age of Empire yang membuat pemainnya harus berpikir mengenai strategi.

Semakin jitu strategi yang digunakan seorang pemain, maka akan semakin terbiasa juga pemain tersebut dalam memecahkan masalah yang ada di depannya. Untuk yang terakhir, e-sports dirasa-rasa benar-benar melatih reflek setiap pemainnya. Reflek yang dimaksud dalam hal ini membuat pemain lebih sigap dalam menghadapi sesuatu.

Bijak dalam Menanggapi Cabang Sports yang Ada

Setiap kegiatan yang memberikan nilai positif sebaiknya kalian terapkan, sedangkan sebaliknya bisa kalian tinggalkan. Hal tersebut tentu akan bersinggungan baik mengenai aktivitas olahraga maupun bermain game. Cobalah bijak dalam melakukan kedua aktivitas di atas tadi.


Aktivitas olahraga memang dirasa-rasa dapat memberi banyak sisi positif, namun apabila berlebihan hal tersebut akan memberi dampak yang negatif. Sama halnya pun dengan bermain game, ketika kalian bermain dalam porsi yang ideal maka kalian akan mendapatkan manfaat yang optimal.

Baik olahraga maupun bermain game sebaiknya juga dilakukan dalam waktu dan kondisi yang tepat. Contohnya, ketika badan kalian terasa tidak sehat maka jangan terlalu berlebihan dalam melakukan aktivitas olahraga. Aktivitas yang berlebihan dapat menimbulkan rasa kekelahan yang berujung hal fatal.

Sudah banyak pengakuan yang di mana menyebutkan olahraga berlebihan malah dapat memperburuk kondisi tubuh. Selain itu, pilihlah Cabang Sports yang sesuai dengan kemampuan yang kalian miliki. Faktor umur dalam hal ini tentu sangat penting, dan jangan sembarangan memilih aktivitas olahraga.

Semakin berumur seseorang, tentu kita tahu apabila kemampuan dan kekuatan orang tersebut akan melemah. Tidak mungkin juga orang dengan keterbatasan tersebut kita paksa untuk melakukan aktivitas olahraga yang berat. Untuk orang tua, aktivitas olahraga yang paling baik untuk dicoba yaitu seperti lari pagi, sepeda, serta golf.

Beberapa pilihan olahraga tadi memang tidak menuntut aktivitas gerak tubuh yang intens. Bagi kalian yang gemar dengan jenis olahraga otak, maka kalian juga bisa memainkan catur atau semacamnya. Ada banyak pilihan permainan, jangan hanya berkutat dalam satu Cabang Sports saja.