Inilah 4 Perbedaan Dunia Youtube di Indonesia Zaman Sekarang

Perkembangan dunia teknogi tentunya berdampak juga bagi salah satu platform yang sudah diunduh oleh banyak orang di dunia termasuk juga Indonesia. Sebagian besar masyarakat Tanah Air pasti mempunyai aplikasi ini karena berguna jika dimanfaatkan sehari-hari. Semua hal mulai dari video pendidikan, hiburan, dan lainnya tersedia.


Apabila anda belum mempunyai youtube, tentu bisa didapatkan secara mudah melalui toko aplikasi di masing-masing jenis gadget. Bagi pengguna ios sendiri, pengunduhan sangat simpel hanya membuka app store saja. Berlaku sama juga bagi pemilik smartphone android sebab tersedia play store yang dapat digunakan untuk mendownload.


Platform ini bekerja menampilkan video serta bisa dilihat oleh semua kalangan mulai dari pemuda hingga orang tua tanpa ada batasan umur. Jika anda bermain sosial media, pasti tak asing dengan aplikasi tersebut sebab sudah ada sejak lama. Diakses mudah menggunakan ponsel pintar masing-masing secara gratis.

Mungkin bagi anda jika belum mengetahui perkembangannya, awal diciptakan aplikasi ini bertujuan hanya untuk membagikan informasi penting berbentuk video. Tentunya di Indonesia sendiri sudah tersebar banyak kreator konten biasa juga disebut youtuber. Seperti halnya bayu skak, arief muhammad, edhozell, dan masih terdapat lagi lainnya.


Nah, disini kami akan mencoba menjelaskan 4 perbedaan di dalam dunia youtube, mungkin bagi anda penikmat platform ini sangat mengetahui bedanya. Pastikan untuk mengikuti seluruh pembahasan dari kami di bawah ini hingga selesai. Dijamin perbedaannya dari tahun ke tahun dapat memperluas pengetahuan tentang per-youtube an.


Banyaknya Konten Prank


Mungkin bagi anda penikmat konten youtube sudah mengetahui jelas bahwa seiring berjalannya waktu prank semakin marak di kalangan youtuber. Dicetuskan oleh beberapa youtuber saja namun saat ini mulai ditiru oleh creator lainnya. Menurut content creator berpengalaman seperti Chandraliow, konten tersebut kurang memberikan edukasi bagi masyarakat.


Ada prank yang tidak masuk akal, sebab sudah diatur sebelum syuting dimulai, tetapi inilah pasar Indonesia. Chandraliow menilai ini sudah menjadi kebiasaan dan pasar youtube berbeda daripada zamannya dahulu. Konten prank jadi langganan kolom trending teratas, membuat penonton di Indonesia sudah diketahui jelas kemauannya.


Jika menyalahkan youtuber saja, tentunya tidak bisa semena-mena sebab mereka juga membuat hal tersebut dengan kerja keras. Prank paling terkenal bagi para netizen di Tanah Air mungkin dari Baim Wong. Dia membuat wajahnya sendiri menjadi layaknya seorang pemulung sampai rela menyewa orang make up berpengalaman.


Setelah itu terdapat lagi Atta Halilintar, ia juga dinilai meniru dari Baim Wong dengan menjadi pemulung di jalanan. Terlepas dari settingan ataupun tidak, tentu hal ini jangan menganggapnya terlalu serius. Tetap bernama konten, di dalamnya terdapat beberapa ide dari creator ketika ingin disampaikan lewat video.


Hal ini membuat para youtuber yang sudah menghuni sejak lama menyindir beberapa orang saat melakukan prank. Bukan tanpa alasan, sebab sejatinya dahulu platform berbagi video terbesar di dunia tersebut digunakan untuk membuat karya. Contoh nyata seperti halnya Bayu Skak hingga SkinnyIndonesian24 membuat karya secara totalitas.

Munculnya Youtuber Baru dari Kalangan Artis


Selanjutnya lagi, perbedaan kedua ditandai dengan munculnya sederet pengguna aplikasi baru yang pada awalnya sudah terkenal yaitu dari artis. Tahun 2020 menjadi perubahan paling besar dimana banyak artis memilih untuk memulai dunia per-youtube an dengan membuat akun baru. Setelah itu mengajak pengikutnya untuk mengikuti akunnya.


Tentu seorang artis sudah mempunyai kapasitas tersendiri dimana pengalaman selama melakukan pekerjaannya sudah terbukti. Terdapat juga beberapa artis yang banyak aktif di platform tersebut daripada muncul pada acara televisi. Mulai dari Raffi Ahmad, walaupun sudah cukup lama survive bersama para youtuber namun tergolong dari artis.


Kepopulerannya membuat ia menjadi pemilik subscriber artis paling besar di Indonesia daripada yang lain dengan torehan melebihi 17,5 juta orang pengikut. Prestasi sangat membanggakan apabila dilihat perkembangannya, karena tidak harus menunggu lama sudah mendapatkan subscriber sebesar itu. Tak kalah juga kedatangan Sule dan Andre Taulany.


Sule lebih cepat dibandingkan Andre namun perkembangannya cukup lebih cepat Bang Haji Taulany. Dinilai datang terlambat dengan dahulu kontennya yaitu dokter Boyke, kini Andre mengubahnya sebagai kolektor mobil jadul. Mungkin bagi anda jika penikmat dunia otomotif sangat menyukai channel TaulanyTV, dibuktikan subscribernya melejit sangat cepat.


Masih terdapat youtuber yang sebeneranya pekerjaan awalnya tidak disitu, seperti halnya Ari Lasso, serta masih tersebar lainnya. Jangan khawatir, semakin banyak artis bergabung tandanya platform ini dilihat oleh banyak kalangan. Sebab di dalamnya terdapat konten-konten mulai dari otomotif, gaming, edukasi, entertainment, musik, dan lainnya.


Banyak Pemain Lama Kalah Saing

Pemain lama seperti Edho Zell saat diundang di acara podcast Deddy Corbuzier, ia berkata bahwa persaingan di dalam sudah sangat ketat. Apabila anda memulai dari nol, dinilai akan kalah saing dibandingkan dengan beberapa orang pindah haluan. Era youtube sudah berbeda juga diperhatikan penuh oleh SkinnyIndonesian24.


Ada pihak yang menilai bahwa tidak adil jika kolom trending diisi oleh konten kurang mengedukasi masyarakat seperti prank contohnya. Sebab banyak content creator sudah berusaha semaksimal mungkin seperti halnya Aulion namun tak pernah dilirik oleh penikmat platform, sehingga Dovi serta Jovi menutup channelnya tahun depan.


Penjelasan tersebut ada beberapa faktor berbeda antara kedua kakak beradik tersebut, salah satu ungkapan kekesalannya ketika konten di Indonesia semakin kurang baik. Tak bisa menyalahkan orang saat upload video, namun penonton seharusnya bisa melakukan filter agar channel berkualitas mampu menduduki kolom trending 10 besar.

Mengundurkan diri dari platform pembagian video paling besar karena keduanya ingin membuat perubahan baru. Sistem youtube sudah berubah di masa kini membuatnya berupaya mengembalikan serta membuat tatanan di dalamnya menjadi lebih baik. Ibaratkan sebuah panggung, disini terlalu banyak pemain dan mengecilkan mimpi youtuber kecil.


Muncul Kolaborasi dan Variasi Baru


Di akhir-akhir ini sejak munculnya pandemi covid-19 tentu kolaborasi sudah pasti dilakukan oleh beberapa kanal platform tersebut. Pasti para pemilik channel sudah memiliki teman yang akan dijadikan kawan collabs, sehingga ini mendorong penonton semakin besar. Di akun Deddy Corbuzier selalu membutuhkan orang lain agar berjalan.


Sebab kontennya memuat tentang podcast, antara Deddy beserta lawan bicara saling bertatap muka menggunakan headset. Saat ini channel paling produktif di antara pemain lainnya dapat dipastikan Deddy Corbuzier menduduki peringkat paling atas. Tak tanggung-tanggung biasanya ia selalu mengundang orang saat namanya lagi trending di Indonesia.


Kolaborasi lain ditunjukkan pada bidang otomotif, terdapat channel Fitra Eri, Motomobi, hingga Ridwan Hanif. Mereka bertiga kerap saling berkolaborasi untuk membahas serunya otomotif, terkadang terdapat juga Andre Taulany. Munculnya banyak kolaborasi tentu menghasilkan ide menarik lain yang semakin menarik ditonton sebagai penghibur agar tidak monoton.


Itulah empat perbedaan paling terlihat di era sekarang youtube semakin banyak digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi keinginan serta kebutuhannya masing-masing. Sebagai penikmat aplikasi tersebut tentu konten di dalamnya semakin beragam. Platform terbesar sebagai penyedia layanan video terbukti sudah difavoritkan sebagian besar masyarakat Tanah Air.