5 Deretan Lapangan Basket Terkeren di Dunia

Basket memang menjadi salah satu cabang olahraga yang digemari masyarakat di seluruh penjuru dunia dan tak kalah populer dengan sepak bola atau bulu tangkis. Ada beberapa lapangan basket terkeren dunia dengan view yang menarik dan desain yang unik.

Mulai dari desain unik dan colourful hingga desain mewah banyak diaplikasikan di beberapa lapangan basket dunia. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui lapangan basket dengan desain yang unik dan keren yang ada di beberapa negara.

Daftar Lapangan Basket Terkeren dan Unik di Dunia

Tidak hanya di Indonesia, penggemar olahraga bola basket sudah tersebar di seluruh penjuru dunia. Maka tak mengherankan jika ada banyak lapangan basket di dunia yang mengusung desain menarik dan keren. Nah, berikut ini beberapa lapangan basket di dunia dengan desain unik dan keren.

1. Angels Gate Park

Angels Gate Park lapangan basket terkeren

Angels Gate Park yang berada di San Pedro, California ini merupakan salah satu lapangan basket di dunia yang mengusung desain keren dan unik. Keunikan dari lapangan basket satu ini adalah pemandangan alamnya yang indah karena berada di pinggir perairan Samudra Pasifik.

Tidak hanya itu saja, pengunjung lapangan basket ini juga akan disuguhkan dengan pemandangan Pulau Santa Catalina dari kejauhan. Di sekitar lapangan basket Angels Gate Park, wisatawan juga bisa menemukan bangunan bergaya Korea yang dikenal dengan sebutan Korean Friendship Bell.

Bangunan dengan gaya Korea dan sebuah lonceng besar ini menjadi bentuk persahabatan antara California dengan Korea.

2. House of Mamba

House of Mamba lapangan basket terkeren

House of Mamba juga menjadi salah satu lapangan basket terkeren di dunia. Lapangan basket yang terletak di Shanghai ini menggunakan LED berukuran penuh yang keren dan unik.  

Lapangan basket yang diluncurkan oleh Nike ini dinobatkan sebagai lapangan LED penuh pertama di dunia. Menariknya lagi, lapangan basket ini juga sudah dilengkapi dengan lengan ban khusus yang berfungsi untuk melacak pergerakan.

Nama House of Mamba sendiri terinspirasi dari salah satu pebasket dunia, Kobe Bryant yang sering dipanggil dengan sebutan ‘The Black Mamba’.

Waktu yang dibutuhkan untuk membangun lapangan basket ini ini juga terbilang lama dengan LED di permukaan lapangan yang membuat permainan basket menjadi lebih hidup dan meriah.

3. Bir-Hakeim Outdoor Basketball Court

Bir-Hakeim Outdoor Basketball Court

Bir-Hakeim Outdoor Basketball Court di Paris juga menjadi salah satu lapangan basket di dunia yang keren dan unik dengan view Menara Eiffel yang megah. Lapangan basket yang terletak di 18 Avenue de Suffren ini menyuguhkan view yang indah, terutama di sore hari.

Lokasi lapangan basket ini juga tidak jauh dari Menara Eiffel dan hanya membutuhkan waktu 5 menit dengan berjalan kaki. Meskipun menyuguhkan panorama eksklusif dari menara Eiffel yang ikonik, ring basket yang ada di lapangan ini dinilai lebih kecil dari standar.

4. Pigalle Basketball Court

Pigalle Basketball Court lapangan basket terkeren

Masih berada di Paris, Pigalle juga masuk dalam deretan lapangan basket terkeren basketball yang ada di dunia karena mengusung desain yang colorfull. Lapangan basket yang berada di Jalan Rue Duperre ini selesai dibangun pada tahun 2009 lalu.

Lapangan basket ini merupakan proyek kerjasama antara Nike dengan Ill Studio. Warna-warna yang diaplikasikan pada lapangan ini yaitu warna premier dengan gradien oranye, merah muda, biru, dan ungu.

Warna-warna yang playful ini membuat lapangan basket satu ini terlihat berbeda dan menarik perhatian wisatawan yang berkunjung ke Paris. Selain digunakan untuk tempat bermain basket, Pigalle Basketball Court juga menjadi tujuan wisatawan untuk mengabadikan momen.

5. Sara D. Roosevelt Park

Sara D. Roosevelt Park

Sara D. Roosevelt Park juga masuk dalam deretan lapangan basket terkeren di dunia. Lapangan basket yang terletak di New York, USA ini merupakan rancangan dari seniman KAWS. Desain pada permukaan lapangan basket ini sangat unik dan khas dengan tema pop art sesuai ciri khas KAWS.

KAWS mengubah dua lapangan di Taman Sara D. Roosevelt ini menjadi lebih atraktif dan meriah. Sebelum merancang desain lapangan basket ini, KAWS sudah dikenal sebagai seniman yang merancang gambar pada T-Shirt Uniqlo.

Seni instalasi hasil karyanya juga berhasil dipajang di Modern Art Museum of Fort Worth yang berada di Amerika Serikat. Lapangan basket USA rancangan KAWS ini juga menjadi hasil kerja sama antara NYC Parks dan Nike.

Ulasan di atas mengenai lapangan basket terkeren di dunia bisa menjadi referensi dan tambahan wawasan. Tidak hanya menarik perhatian para penggemar basket, lapangan-lapangan tersebut juga menjadi destinasi favorit wisatawan yang berkunjung karena desainnya yang unik dan menarik.